OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00629
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Mardhika Jakarta Timur
Pengarang : Siti Lola Yuwanda
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00629 S011-00629 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 58135
 Abstrak
ABSTRAK SITI LOLA YUWANDA. NIM: 0801055120. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMK MARDHIKA Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta. FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMK MARDHIKA Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas XI SMK MARDHIKA Jakarta Timur yang terdiri dari dua kelas, yakni kelas XI.A dan kelas XI.B yang berjumlah 60 siswa, masing masing kelas 30 siswa. sample diambil dengan random sampling menggunakan lintingan kertas, sehingga di peroleh sample kelas XI.A dan kelas XI.B. kelas XI.A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 15 siswa dan kelas XI.B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 15 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, berupa tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman. Setelah data terkumpul, hasil tes kemampuan membaca pemahaman yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning maupun tanpa menggunakan model pembelajaran cooperative learning dapat dihitung dan dianalisis. Daftar yang terkumpul dihitung dengan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata rata tes kemampuan membaca pemahaman yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning sebesar 77,3 dengan skor tertinggi 92 dan skor terendah 60. Sedangkan nilai rata rata tes kemampuan membaca pemahaman tanpa menggunakan model pembelajaran cooperative learning sebesar 63,3 dengan skor tertinggi 80 dan skor terendah 52. Selanjutnya penulis melakukan perhitungan dengan menggunakan uji-t, diperoleh t hitung sebesar 2,4. Dalam tabel diketahui harga t kritis pada taraf signifikansi 0,05 ialah 1,697 maka, diperoleh t hitung > t tabel yaitu 2,4 >1,697, berarti H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMK MARDHIKA Jakarta Timur
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox