Abstrak
ABSTRAK
NIKEN AYU FITRIANI. 0801055095. PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF
DALAM TEKS WAWANCARA SISWA KELAS X SMA YAYASAN
PENDIDIKAN DUA MEI SERTA IMPLIKASI TERHADAP
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Skripsi. Jakarta: FKIP
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. 2012
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan kalimat efektif pada wawancara yang ditulis oleh siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan Dua Mei. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan kalimat efektif dalam teks wawancara siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan Dua Mei.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
Objek dalam penelitian ini adalah wawancara siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan Dua Mei. Fokus dalam penelitian ini adalah kalimat efektif dalam wawancara siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan Dua Mei.
Data yang dianalisis yaitu wawancara siswa, dan yang dianalisis yaitu
penggunaan kalimat efektif berdasarkan gabungan ciri-ciri kalimat efektif dari para ahli. Dari 20 wawancara yang dianalisis diperoleh 389 kalimat, dengan rincian penggunaan kalimat efektif dengan ciri kesatuan sebanyak 76,3% atau 297 kalimat, ciri ketepatan sebanyak 88,7% atau 345 kalimat, ciri keparalelan sebanyak 31,1% atau 121 kalimat, ciri kehematan sebanyak 54,5% atau 212 kalimat, ciri penekanan sebanyak 13,6% atau 53 kalimat, dan ciri kevariasian
sebanyak 24,1% atau 94 kalimat.