OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-00690
Judul : Alternatif perencanaan strategi pemasaran melalui analisa swot di pelayanan unit rawat jalan Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada, Tangerang Selatan tahun 2012
Pengarang : Faza Raisa
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : STRATEGI PEMASARAN
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-00690 S05-00690 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 57715
 Abstrak
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA PROGRAM STUDI ILMU KESEHATAN MASYARAKAT PEMINATAN MANAJEMEN ADMINISTRASI KESEHATAN Skripsi, 13 Agustus 2012 FAZA RAISA ?Alternatif Perencanaan Strategi Pemasaran Melalui Analisa SWOT Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Tangerang Selatan 2012?. xx + 105 halaman + 26 Tabel + 5 bagan + 9 lampiran ABSTRAK Rumah Sakit sebagaimana organisasi pada umumnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu dapat terus mempertahankan keberadaannya dan berkembang menjadi rumah sakit yang lebih besar. Oleh karena itu rumah sakit perlu melakukan analisis SWOT untuk memperoleh keunggulan bersaing dan memiliki produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil dari analisa SWOT dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal di pelayanan unit rawat jalan RS. Bhineka Bakti Husada Tangerang Selatan Tahun 2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam dengan para informan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Rumah Sakit Bhineka bakti Husada telah menyeimbangkan antara kondisi internal dan kondisi eksternal, hal ini ditandai dengan total nilai matriks IFE (Internal Factor Evaluation) sebesar 2,73 dengan kekuatan terbesar yaitu dengan bentuk kegiatan promosi yang dilakukan RS. Bhineka Bakti Husada. Sedangkan total matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) sebesar 2,60 dengan peluang terbesar adalah jumlah penduduk yang terus meningkat yang memungkinkan terjadi peningkatan terhadap pelayanan kesehatan. Bila dimasukan ke dalam matrik IE (Internal-Eksternal) maka posisi rumah sakit berada di kuadran lima yaitu pada strategi hold and maintain. Berdasarkan simpulan, penulis menyarankan agar Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada dapat mengimplementasikan strategi yang telah dirumuskan dengan matriks SWOT, sehingga rumah sakit dapat meningkatkan jumlah kunjungan pasien khusunya di pelayanan rawat jalan. Alternative strategi yang dapat dirumuskan terdiri dari strategi S-O salah satu diantaranya yaitu memfokuskan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, strategi S-T diantaranya yaitu menciptakan keunggulan bersaing dengan meningkatkan status pelayanan ke tingkat ISO (International Organization for Standarization), strategi W-O diantaranya yaitu merekrut tenaga SDM yang lebih kompeten terutama tenaga dokternya dan strategi W-T diantaranya yaitu melakukan benchmarking dengan RS sekitarnya sebagai bahan masukan kedepannya. Daftar Pustaka: 36 (1994-2012)
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox