OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S05-00689
Judul : Perbandingan perilaku gizi anak sekolah unggulan dengan anak sekolah tidak unggulan yang ada program UKS di Jakarta Selatan tahun 2009
Pengarang : Kurnia Hunggul Swasdani
Penerbit dan Distribusi : FIKES
Subjek : GIZI ANAK SEKOLAH
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S05-00689 S05-00689 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 57714
 Abstrak
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA PROGRAM STUDI ILMU GIZI Skripsi, Oktober 2009 Kurnia Hunggul Swasdani Perbandingan perilaku gizi anak sekolah unggulan dengan anak sekolah tidak unggulan yang ada program UKS di Jakarta Selatan xvi, 125 halaman + table + 4 gambar ABSTRAK Dewasa ini pemerintah telah dan sedang meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, termasuk masyarakat sekolah. Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya pendidikan dan Kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkembangkan, mengembangkan dan membimbing untuk menghayati, menyenangi dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan peserta didik sehari-hari. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan perilaku gizi anak sekolah unggulan dengan anak sekolah tidak unggulan yang ada program UKS, Jakarta Selatan tahun 2009. Jenis penelitian ini adalah bersifat kuantitatif dengan pendekatan studi perbandingan, desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah murid SMP 73 kelas VII yang berjumlah 319 orang dan murid SMPN 15 kelas VII berjumlah 273 orang, sedangkan sample yang diperoleh di SMPN 73 sebanyak 177 dan SMPN 15 sebanyak 162 orang. Cara pengambilan sample adalah Sistematik Random Samping. Data yang dikumpulkan adalah data primer (identitas responden, pengetahuan gizi, sikap tentang gizi dan perilaku gizi anak SMP) dan data sekunder (gambaran umum sekolah, jumlah murid dan sarana prasarana gizi yang tersedia), sedangkan analisa data adalah analisa univariat dan bivariat (UJI T-test). Hasil penelitian ini adalah: di SMPN 73 sebanyak 138 murid (77,97) dan di SMPN 15 sebanyak 112 murid (69,14%) mempunyai pengetahuan gizi baik, di SMPN 73 sebanyak 120 murid (67,80%) dan di SMPN 15 sebanyak 104 murid (64,20%) mempunyai sikap tentang gizi baik dan murid yang mempunyai perilaku gizi baik di SMPN 73 sebanyak 127 murid (71,75) dan di SMPN 15 sebanyak 107 murid (66,05%). Berdasarkan analisis bivariat ada perbedaan yang signifikan rata-rata pengetahuan gizi antara sekolah unggulan SMPN 73 dengan sekolah tidak unggulan SMPN 15 P value (0,000), untuk sikap tentang gizi ada perbedaan yang signifikan rata-rata antara sekolah unggulan SMPN 73 dengan sekolah tidak unggulan SMPN 15 P value (0,002), dan untuk perilaku gizi ada perbedaan yang signifikan rata-rata antara sekolah unggulan SMPN 73 dengan sekolah tidak unggulan SMPN 15 P value (0,005). Saran untuk murid SMPN 15, agar lebih aktif mengiktui kegiatan UKS karena di UKS terdapat penyuluhan tentang gizi dan kesehatan sehingga pengetahuan gizi murid SMP dapat meningkat. Daftar Bacaan: 54 (1985-2009)
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox