OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-00431
Judul : Hubungan Antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Tingkat Pengamalan Ibadah Mahdhoh Peserta Didik Kelas XI SMKN 48 Jakarta Timur.
Pengarang : Arif Rahmadi
Penerbit dan Distribusi : FAI
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-00431 S07-00431 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 57169
 Abstrak
Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan dengan agama sebagai ajaran Islam yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar nantinya setelah selesai dari pendidikan ia dapat memahami, menghayati, mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam yang telah diyakininya secara menyeluruh, serta menjadikan ajaran agama Islam itu sebagai suatu pandangan hidupnya demi keselamatan dan kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat kelak. Tujuan akhir dari mata pelajaran PAI di SMK adalah terbentuknya peserta didik yang memiliki akhlak mulia. Tujuan inilah yang sebenarnya merupakan misi utama diutusnya Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian, pendidikan akhlak adalah jiwa Pendidikan Agama Islam. Mencapai akhlak yang karimah (mulia) adalah tujuan sebenarnya dari pendidikan. Sedangkan fungsi pendidikan agama Islam di SMK adalah berperan memberikan kemampuan dasar pada peserta didik tentang ajaran agama Islam untuk mengembangkan kehidupan beragama sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia sebagai pribadi, masyarakat, dan warga negara. Adapun penelitian ini teknik yang digunakan adalah simple random sampling dan yang menjadi populasi adalah seluruh Peserta didik kelas XI SMKN 48 Jakarta Timur dari 277 peserta didik, peneliti mengambil 10 % dari jumlah total keseluruhan siswa kelas XI SMKN 48 Jakarta Timur dibulatkan menjadi 30 siswa untuk di teliti. Data dikumpulkan dengan menggunakan alat atau instrumen pengumpulan data dengan menyebarkan angket. Adapun tekhnik pengolahan atau analisis data menggunakan tekhnik analisis product moment. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa rxy 0,64 sedangkan rtabel 0,361, rxy lebih besar dari rtabel (0,64 0,361) ini berarti hipotesis menyatakan bahwa ?dengan demikian dapat dinyatakan bahwa prestasi belajar pendidikan agama Islam mempunyai titik korelasi yang signifikan dengan tingkat pengamalan ibadah shalat peserta didik kelas XI SMKN 48 Jakarta Timur.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox