Abstrak
Televisi online merupakan salah satu dari bentuk media baru (new media). Media baru adalah suatu media yang menggunakan media lain selain udara, sementara isinya tetap penyiaran. Televisi online sangat bergantung pada jumlah pengakses, karena semakin meningkat jumlah pengakses maka semakin besar rank atau mencapai Google Analytics, begitu pula dengan Mivo.Tv. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyiaran dalam meningkatkan jumlah pengakses di Mivo.Tv. Selain itu juga untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi penyiaran dalam meningkatkan jumlah pengakses di Mivo.Tv. Peneliti menggunakan teori jaringan dan konsep manajemen strategi dan komunikasi pemasaran (marketing communication). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Informan penelitian ini adalah manajemen show event Mivo.Tv sebagai informan kunci, Ketua PWI Pusat Bidang Multimedia, Wakil Redaksi Televisi Online WartaTv.Com sebagai informan tambahan dan juga Nurrohmah Wulan sari sebagai pengakses. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Manajemen Strategi Penyiaran yang dilakukan Mivo.Tv untuk mengundang jumlah pengaksesnya yaitu dengan cara menetapkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan. Perencanaan dilakukan dengan menganalisis lingkungan, menetapkan target Mivo.Tv, menyajikan program dan melakukan promosi. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi penyiaran dalam meningkatkan jumlah pengakses di MivoTv yaitu faktor internal yang merupakan aplikasi atau perangkat yang mendukung agar terus berjalannya televisi online dan faktor eksternalnya adalah Mivo.Tv sebagai televisi online komersil sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Penelitian selanjutnya disarankan mengkaji tentang proses dan format mengenai televisi online dengan metode analisis isi kualitatif, guna untuk memperkaya literatur penelitian Ilmu Komunikasi khususnya dalam bidang penyiaran.