OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S014-00460
Judul : Pengaruh Penggunaan Pendekatan Induktif Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Penguasaan Konsep Crustacea Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Tarumajaya Bekasi
Pengarang : ANIS KRISMADINI
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S014-00460 S014-00460 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 56240
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar biologi antara peserta didik yang melalui model pembelajaran induktif dengan peserta didik yang melalui model pembelajaran non induktif atau biasa pada pokok bahasan Crustacea di SMP Negeri 1 Tarumajaya, Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen. Populasi target adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Tarumajaya,Bekasi sebanyak 9 kelas atau 397 peserta didik. Sampel secara random diambil dari populasi terjangkau adalah peserta didik kelas VIII.1 dan VIII.2 sebanyak 2 kelas atau 68 peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah tes biologi dengan bentuk tes pilihan ganda 4 option, benar bernilai 1 dan salah bernilai 0, materi yang diujikan adalah Crustacea, soal sebanyak 30 item. Sebelum dipergunakan untuk mengambil data responden terlebih dahulu dilakukan ujicoba dan dihitung validitas dengan korelasi poin biserial, sedangkan reliabilitasnya dihitung dengan Kuder Richardson (KR-20).Pada perhitungan validitas instrumen didapat 25 item yang valid dan reliabilitasnya didapat sebesar 0,85. Data hasil penelitian menunjukkan siswa yang menggunakan model pembelajaran pendekatan induktif memperoleh rata ? rata hasil belajar biologi sebesar 69,97. Adapun siswa yang menggunakan model pembelajaran pendekatan deduktif rata ? rata sebesar 64,65. Uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan diantara kedua rata ? rata hasil belajar. Penggunaan pendekatan induktif dalam pembelajaran biologi berpengaruh terhadap penggunaan konsep Crustacea pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tarumajaya.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox