Abstrak
ABSTRAK
DIADANO MAYASARI. NIM : 0901047046 : Pengaruh Pendekatan
Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Di SDI.
Teladan Nurul Falah Cilincing Jakarta Utara. Skripsi : Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Juli 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan
Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Di SDI.
Teladan Nurul Falah Cilincing Jakarta Utara pada semester genap tahun ajaran
2010/2011.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi
eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 31 siswa pada kelas eksperimen dan 31
siswa pada kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh,
yaitu seluruh siswa dijadikan sampel. Instrumen tes dalam penelitian berupa tes
dengan pembahasan mengenai mengenal jenis pekerjaan yang terdiri dari 20 soal
pilihan ganda dengan 4 option jawaban yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya.
Dari hasil perhitungan, thitung diperoleh sebesar 5,769 dengan dk sebesar
60(31+31-2) , maka diperoleh ttabel pada taraf signifikan 0,05 yang terdekat adalah
sebesar 2,000. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh
yang signifikan antara Pendekatan Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar
IPS Siswa Kelas III Di SDI. Teladan Nurul Falah Cilincing Jakarta Utara.