OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S022-00003
Judul : Pengaruh Pemberian Tugas Dengan Menggunakan Media Internet Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Di Kelas V SDN Rorotan 05 Pagi Jakarta Utara
Pengarang : Miranti Nuraini
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : Pengaruh Pemberian Tugas Dengan Menggunakan Media Internet
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S022-00003 S022-00003 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 56045
 Abstrak
ABSTRAK MIRANTI NURAINI. NIM : 0901047031. ?Pengaruh Pemberian Tugas Dengan Menggunakan Media Internet Terhadap Hasil Belajar IPS Di Kelas V SDN Rorotan 05 Pagi Jakarta Utara?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan media Internet dengan hasil belajar yang menggunakan media visual. Penelitian ini dilakukan di SDN Rorotan 05 Pagi Jakarta Utara Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2010/2011. Metode yang penulis gunakan adalah media internet dengan hasil belajar yang menggunakan media visual. Sampel penulis ini meliputi 40 siswa kelas V di SDN Rorotan 05 Pagi. Instrumen penulis berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan empat pilihan jawaban. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi point biserial. Koefisien reliabilitas tes 3,44 ini dihitung dengan rumus ttest. Uji normalitas hasil belajar IPS siswa menggunakan uji lilifors. Pada kelas V SDN Rorotan 05 Pagi Jakarta Utara Lohitung = 0,070. Lotabel pada α = 0,140. Karena Lohitung < Lotabel = 0,070 < 0,140 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Pada kelas V SDN Rorotan 05 Pagi LOhitung = 0,133 Lotabel pada α = 0,140. Karena Lohitung < Lotabel = 0,133 > 0,140 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil belajar IPS siswa menggunakan uji fisher. Diperoleh Fhitung = 1,252, Ftabel = 1,69. Pada α = 0,05 dengan dk pembilang = 39 dan dk penyebut = 39, ternyata Fhitung < Ftabel, maka disimpulkan data hasil belajar IPS siswa bervarians sama. Nilai rata-rata kelas V eksperimen SDN Rorotan 05 Pagi adalah 7,145, kelas kontrol 6,015. Uji hipotesis menggunakan uji t-test, diperoleh thitung = 2,767 < 1,994 = ttabel pada α = 0,05 dan dk = 78. Ternyata thitung = 2,767 < ttabel = 1,994 maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan media Internet dengan hasil belajar yang menggunakan media visual di SDN Rorotan 05 Pagi Jakarta Utara.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox