Abstrak
Media massa, setiap hari memberikan informasi yang hangat dan faktual pada halaman pertama, untuk menarik perhatian publik. Semua media massa memiliki agenda media. Melalui agendanya itulah, media massa berusaha mempengaruhi agenda publik dengan cara menentukan persoalan yang dianggap penting. Agenda Setting membuktikan, bahwa terdapat hubungan antara agenda media dan agenda publik. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud mengetahui hubungan agenda media surat kabar Republika dan Republika online dengan agenda publiknya.
Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah agenda setting. Dasar pemikiran dari asumsi tersebut adalah di antara berbagai topik yang dimuat media massa, topik yang lebih banyak mendapatkan perhatian dari media massa akan menjadi lebih akrab bagi pembacanya, sehingga dianggap penting dalam suatu periode tertentu. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode analisis isi kuantitatif untuk menentukan agenda media dan metode survei untuk menentukan agenda publik. Populasi penelitian ini adalah warga Tanah Abang, Jakarta Pusat, untuk surat kabar Republika, dan populasi Republika online adalah pengakses Republika online. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara agenda media surat kabar Republika dengan agenda publiknya. Selain itu, terdapat hubungan antara agenda media Republika online dengan agenda publik nya.
Untuk penelitian selanjutnya diharapkan, ada penelitian seperti ini yang membandingkan agenda setting antara media media yang terbit secara nasional dan media yang hanya terbit daerah.