Abstrak
ABSTRAK
Zaitun. Pengaruh Kompetensi Guru dan Konsep diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Pariwisata di Jakarta Selatan.
Tesis. Jakarta. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis (1) pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) pengaruh konsep diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) pengaruh kompetensi guru terhadap konsep diri siswa.
Hipotesis yang diuji adalah (1) kompetensi guru mempunyai pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) konsep diri siswa mempunyai pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) kompetensi guru mempunyai pengaruh langsung positif terhadap konsep diri siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Populasi terjangkau adalah seluruh siswa SMK Negeri kelompok Pariwisata di Jakarta Selatan kelas X sebanyak 908. Sampel diambil dengan teknik multistage random sampling, yang berjumlah 180 siswa.
Instrumen Penelitian untuk tes hasil belajar matematika siswa, angket kompetensi guru dan angket konsep diri diuji validitasnya dengan menggunakan analisis iteman.
Tingkat reliabilitas dari tes hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan rumus KR- 20 dan diperoleh nilai rii = 0,77, sedangkan koefisien reliabilitas dari angket kompetensi guru dan konsep diri siswa dihitung dengan rumus Alpha Cronbach dengan hasil kompetensi guru rii = 0,92 dan konsep diri rii = 0,825. Analisis data menggunakan
analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, kompetensi guru (X1) mempunyai pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar matematika siswa (X3) dengan nilai koefisien jalur (p31) sebesar 0,615, koefisien korelasi (r13) sebesar 0,86 dan persamaan regresi 3 1 X? 22,35 0,61X . Kedua, konsep diri siswa (X2) mempunyai
pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar matematika siswa (X3) dengan nilai koefisien jalur (p32) sebesar 0,342, koefisien korelasi (r23) sebesar 0,79 dan persamaan regresi 3 2 X? 62,09 0,89X . Ketiga kompetensi guru (X1) mempunyai pengaruh langsung positif terhadap konsep diri siswa (X2) dengan nilai koefisien jalur (p21) sebesar 0,728, koefisien korelasi (r12) sebesar 0,73 dan persamaan regresi 2 1 X? 73,51 0,45X yang signifikan pada taraf nyata 0,05.
Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk memperbaiki hasil belajar
matematika siswa di Sekolah Menengah Kejuruan melalui peningkatan kompetensi guru dan konsep diri siswa. Peningkatan kompetensi guru dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan atau seminar-seminar yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan relevan dengan bidang yang diampunya. Dengan meningkatnya kompetensi guru, diharapkan akan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan tercipta suasana belajar yang kondusif, sehingga akan meningkatkan konsep diri siswa yang berimplikasi pada peningkatan hasil belajar matematika siswa. Selanjutnya diharapkan akan meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh.