OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T093-00047
Judul : Pengaruh Teknik Pembelajaran Dan Minat Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa SMA Negeri 47 Jakarta
Pengarang : Suharti, Latifah
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : Teknik Pembelajaran Dan Minat Menulis
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T093-00047 T093-00047 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54884
 Abstrak
ABSTRAK Suharti Latifah Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Minat Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa SMA Negeri 47 Jakarta. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Jakarta. 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran kolaborasi dan minat menulis terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa dikalangan siswa SMA Pogram Ilmu Alam SMAN 47 Jakarta. Hipotesis penelitian ini : 1. Kemampuan menulis eksposisi siswa yang belajar dengan teknik kolaborasi lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan teknik individual. 2. Kemampuan menulis eksposisi siswa dengan minat menulis tinggi yang belajar dengan teknik kolaborasi lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan teknik individual. 3. Kemampuan menulis eksposisi siswa dengan minat menulis rendah yang belajar dengan teknik individual lebih rendah daripada siswa yang belajar dengan teknik kolaborasi. 4. Terdapat interaksi antara teknik pembelajaran dan minat menulis siswa terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan Teknik Desain Faktorial 2x2. Sebelum dilakukan analisis inferensial, terlebih dahulu dilakukaan uji persyaratan analisis deskriptif. Analisis inferensial diuji dengan menggunakan analisis dua jalur (two way ANOVA) dengan model rancangan faktorial pada taraf signifikansi 0,05 dan dilanjutkan dengan Uji Tukey. Hasil penelitian : Kemampuan menulis eksposisi pada siswa dengan menggunakan teknik pembelajaran kolaborasi memiliki skor nilai lebih tinggi (78, 42) daripada teknik pembelajaran individual (70,5). Terdapat pengaruh interaksi antara teknik individual dan teknik kolaborasi minat menulis terhadap kemampuan menulis eksposisi. Fhitung = 6,08 Ftabel = 4,06, pada taraf α = 0,05. Sedangkan untuk minat menulis tinggi, kemampuan menulis eksposisi dengan teknik kolaborasi lebih tinggi daripada teknik individual. (86,67 > 69,5) Dan untuk minat menulis rendah, kemampuan menulis eksposisi dengan teknik individual lebih tinggi daripada teknik kolaborasi. (71,5 >70,17)
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox