OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T093-00045
Judul : Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Brainstorming Dengan Menggunakan Media Gambar (Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 242 Jakarta)
Pengarang : Utami, Bekti Pratiwi
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : Teknik Brainstorming Dengan Menggunakan Media Gambar
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T093-00045 T093-00045 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54869
 Abstrak
ABSTRAK Utami Bekti Pratiwi. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Brainstorming dengan Menggunakan Media Gambar (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas VII.B SMP Negeri 242 Jakarta). Tesis. Jakarta: Program Pasacasarjana Universitas Muhammadyah Prof. Dr. Hamka, 2010. Tesis ini bertujuan untuk menilai proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis puisi melalui teknik brainstorming dan menggunakan media gambar. selain itu juga untuk mengetahui seberapa baik penggunaan teknik brainstorming dan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII.B SMP Negeri 242 Jakarta. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan teknik brainstorming dan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) model Stephen Kemmis dan M Tagart. Penelitian dilakukan dengan menggunakan siklus. yang terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Sebelum penelitian dilakukan tes awal, lalu postes pada siklus 1 dan siklus 2. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri bersama kolabor dengan menggunakan lembar penilaian menulis puisi, catatan pengamatan, lembar kerja siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa ada peningkatan kemampuan menulis puisi. Data kuantitatif nilai kemampuan menulis puisi pada tes awal jumlah nilai 2014, jumlah nilai pada siklus 1 adalah 2024, dan jumlah nilai pada siklus 2 adalah 2392. Nilai rata-rata pada tes awal 54,43, siklus 1 adalah 54,70, dan siklus 2 adalah 64,65. Hasil nilai tes awal dan siklus 2 direkapitulasi dengan menggunakan Uji-t. diperoleh hasil 8,89 sedangkan nilai koefesien pada t tabel α = 0,05 sebesar 2.02, jika menggunakan t tabel α = 0,01 sebesar 2,7 maka hasil perolehan skor pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan dan ada perbedaan. Hasil penelitian ini dapat digunakan bagi guru bahasa Indonesia untuk mengembangkan kemampuan siswa menulis puisi.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox