OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T093-00044
Judul : Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia (Studi Korelasi Antar Minat Belajar Bahasa Indonesia Dan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX MTSN Legok Kabupaten Tangerang)
Pengarang : Dede Saroni
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : Minat Belajar Bahasa Indonesia Dan Penguasaan Kosakata
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T093-00044 T093-00044 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54868
 Abstrak
ABSTRAK Dede Saroni, Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia (Studi Korelasi antara Minat Belajar Bahasa Indonesia dan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas M MTsN Legok Kabupaten Tangerang). Tesis. Program Paseasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA Jakarta, 2010. Tesis ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara minat belajar bahasa Indonesia dan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis bahasa Indonesia pada siswa Kelas IX MTsN Legok Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode survey karena metode ini dianggap sesuai untuk mengumpulkan informasi atau data yang dipakai guna menentukan hubungan timbal balik antara variabel terikat, yaitu keterampilan menulis bahasa Indonesia (Y) dengan variabel bebas, yaitu minat belajar bahasa Indonesia (XI) dan penguasaan kosakata (X2). Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif antara minat belajar bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis bahasa Indonesia pada siswa kelas IX MTsN Legok Kabupaten Tangerang, dengan koefisien korelasi r,l = 0,052, dan persamaan regresi P = 67.709 + 0,014 XI. Ini menunjukkan bahwa jika minat belajar bahasa Indonesia ditingkatkan maka keterampilan menulis bahasa Indonesia akan meningkat. Demikian pula sebaliiya, jika penguasaan kosakata diturunkan maka keterampilan menulis bahasa Indonesia juga akan menurun. (2) Terdapat hubungan positif antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa kelas IX MTsN Legok Kabupaten Tangerang, dengan koefisien korelasi ry2 = 0,125, dan persamaan regresi 9 = 74.859 +(-0,120) X2. Ini menunjukkan bahwa jika penguasaan kosakata ditingkatkan maka keterampilan menulis bahasa Indonesia akan juga meningkat. Demikian pula sebaliknya, apabila semakin rendah penguasaan kosakata maka akan semakin rendah pula tingkat keterampilan menulis bahasa Indonesia. (3) Terdapat hubungan positif antara minat belajar bahasa Indonesia dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dengan keterampilan menulis bahasa Indonesia, dengan koefisien korelasi Jamak RyI2 = 0,595, dan persamaan regresi jamak 9 = 65,94 + 1,398Xl + (-1,327)X2. Hal ini menunjukkan bahwa jika minat belajar bahasa Indonesia clan penguasaan kosakata secara bersama-sama ditingkatkan maka keterampilan menulis bahasa Indonesia juga akan meningkat.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox