OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00583
Judul : Hubungan Penguasaan Teori Puisis Dg Kemampuan Apresiasi Puisi Siswa Kelas X SMA N 47 Jakarta Selatan
Pengarang : Sifah Fauziah
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : Penguasaan Teori Puisi
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00583 S011-00583 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54745
 Abstrak
ABSTRAK SIFAH FAUZIAH : Hubungan Penguasaan Teori Puisi dengan Kemampuan Apresiasi Puisi Siswa Kelas X SMA N 47 Jakarta Selatan. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Agustus 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan teori puisi dengan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X SMA N 47 Jakarta Selatan. Dengan menggunakan metode deskriptif korelasional, penelitian ini mencoba memberikan informasi tentang hubungan antara dua variabel, penguasaan teori puisi dengan kemampuan apresiasi puisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 47 Jakarta Selatan pada semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 15% dari jumlah populasi yaitu 48 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 47 Jakarta Selatan yang berjumlah 320 siswa. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung sebesar 0.178. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r tabel dengan taraf signifikan 5 % adalah 0.284, berarti r hitung lebih kecil dari r table. Dengan demikian Ho yang menyatakan tidak ada hubungan antara penguasaan teori puisi dengan kemampuan apresiasi puisi diterima dan sebaliknya H1 yang menyatakan ada hubungan antara penguasaan teori puisi dengan kemampuan apresiasi puisi ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan penguasaan teori puisi dengan kemampuan apresiasi puisi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tidak mesti menguasai teori puisi untuk mengapresiasikan karya sastra yang berbentuk puisi. Siswa diberikan kebebasan berimajinasi, siswa tidak begitu perlu untuk dibebani dengan penguasan teori-teori puisi terlebih dahulu.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox