OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00553
Judul : Hubungan Antara Membaca Efektif dengan Kemampuan Menulis Deskriptif Siswa Kelas X SMA Darul Ma'Arif Jakarta
Pengarang : Asmi Hayatun
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : Membaca Efektif Dg Kemampuan menulis deskriptif
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00553 S011-00553 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54691
 Abstrak
ABSTRAK ASMI HAYATUN : Hubungan antara Membaca Efektif dengan Kemampuan Menulis Deskriptif Siswa Kelas X SMA Darul Ma?arif Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Agustus 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara membaca efektif dengan kemampuan menulis deskriptif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara membaca efektif dengan menulis deskriptif pada siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Darul Ma?arif Jakarta pada bulan Juli- Agustus semester 1 tahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen membaca efektif (variabel X) menggunakan tes pilihan ganda, sedangkan untuk instrument kemampuan menulis deskriptif (variabel Y) menggunakan tes menulis deskriptif. Dalam penelitian ini diujicobakan kepada 30 siswa dalam populasi selain responden, dan dari hasil uji coba diperoleh 30 soal, sehingga instrumen penelitian ini reliabel dan layak digunakan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata membaca efektif sebesar 84,9, sedangkan nilai rata-rata kemampuan menulis deskriptif sebesar 77,5. Kemudian penulis melakukan perhitungan menggunakan uji product moment yang menghasilkan rhitung sebesar 0,46 lebih besar dari pada rtabel sebesar 0,361 pada taraf signifikansi (α) 0,95. Uji signifikansi korelasi (menguji apakah rhitung sebesar 0,46 ini signifikan), dilakukan dengan uji-t khusus untuk korelasi yang menghasilkan thitung sebesar 2,74. Dalam tabel diketahui ttabel pada taraf signifikansi (α) 0,95 dengan derajat kebebasan (dk) 28 adalah 1,70. Dapat terlihat hasilnya, diperoleh thitung (2,74) > ttabel (1,70) maka Ho ditolak, sebaliknya Hi diterima. Dengan demikian, penulis menyimpulkan terdapat korelasi yang signifikan antara membaca efektif dengan kemampuan menulis deskriptif siswa kelas X SMA Darul Ma?arif Jakarta. Apabila membaca efektif baik maka kemampuan menulis deskriptif baik pula
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox