OPAC
Perpustakaan UHAMKA
Knowledge become power only when we put it into use
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T093-00029
Judul : Peningkatan Kemampuan Memahami Puisi Melalui Pemahaman Stilistika : Penelitian Tindakan Pada Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 47 Jakarta
Pengarang : Mustaqim
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : Kemampuan Memahami Puisi
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T093-00029 T093-00029 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54682
 Abstrak
ABSTRAK Mustaqim. Peningkatan Kemamapuan Memahami Puisi Melalui Pemahaman Stilistika, penelitian tindakan pada kelas X SMA Negeri 47 Jakarta. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR. Hamka, 2009. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan memahmi puisi. Kemampuan memahami puisi ini meliputi lima unsur penelitian yaitu ; unsur-unsur puisi, keterkaitan judul dengan isi, makna puisi, isi puisi,dan sikap pembaca dan perilaku. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas X-8 SMA Negeri 47 Jakarta yang berlokasi di jalan Delman Utama I, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pelaksanaan penelitian ini pada semester keempat tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus. Setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Siklus kedua dengan memberi kegiatan tambahan sebagai perbaikan perlakuan berdasarkan hasil refleksi dari siklus pertama. Tiap-tiap pertemuan dalam setiap siklus dibahas dan dievaluasi tentang peningkatan kemampuan siswa dalam memahami puisi yang meliputi lima unsur yaitu; unsur-unsur puisi, keterkaitan judul dengan isi, makna puisi, isi puisi,dan sikap pembaca dan perilaku. Pengumpulan data pada penelitian ini diawali dengan tes awal ( pra tes ). Sebagai bahan refleksi adalah hasil tes siswa, catatan lapangan, hasil pengamatan dari guru dan kolaborator. Rencana tindakan disusun berdasarkan kondisi awal dan tes awal ( pra tes ). Instrumen ini adalah peneliti sendiri, kolaborator, hasil tes siswa, dan catatan lapangan peneliti dan kolaborator. Pada penelitian ini peneliti menjumpai bahwa penggunaan teknik stilistika dapat membuat siswa lebih aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan bermakna dalam proses pembelajaran memahami puisi. Berdasarkan dan dari segi hasil, para siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 27,00% dibanding sebelum mengikuti proses pembelajaran memalui teknik stilistik
|| Pengguna : Perpustakaan UHAMKA || Tampilan terbaik dengan  Firefox