OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T093-00026
Judul : Hubungan Antara Motivasi Membaca Dan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Memahami Bacaan Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 164 Jakarta
Pengarang : Titin, Rukmini
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : Penguasaan Kosakata
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T093-00026 T093-00026 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54678
 Abstrak
ABSTRAKSI Titin Rukmini. Hubungan antara Motivasi Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Kelas IX SMP Negeri 164 Jakarta.Tesis. Program Pascasarjana Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi membaca dan penguasaan kosakata dengan memahami bacaan. Hipotesis yang diujikan adalah : (1) Terdapat hubungan yang positif antara motivasi membaca siswa kelas IX SMP Negeri Jakarta dengan kemampuan memahami bacaan. (2) Terdapat hubungan positif antara penguasaan kosakata dengan memahami bacaan siswa kelas IX di SMP Negeri 164 Jakarta. (3) Terdapat hubungan positif antara motivasi membaca siswa dan penguasaan kosakata dengan memahami bacaan pada siswa Kelas IX di SMP Negeri 164 Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik survey korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 164 Jakarta yang berjumlah 294 siswa dan sampel berjumlah 75 siswa dengan menggunakan sample random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner skala likert untuk mengukur motivasi membaca siswa dan tes bentuk pilihan ganda untuk mengukur penguasaan kosakata dan pemahaman siswa dalam memahami bacaan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan pembahasannya diperoleh kesimpulan bahwa hasil menenunjukkan ada hubungan positif antara motivasi membaca dengan kemampuan siswa dalam memahami bacaan dengan koefisien korelasi sebesar 0,538dan nilai p=0,000. Begitu pula hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan siswa dalam memahami bacaan sebesar 0,621dan nilai p=0,000. Secara bersama-sama motivasi membaca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan terdapat hubungan positif dengan koefisien korelasi sebesar 0,686 dengan koefisien determinasi sebesar 47,1 %.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox