OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00601
Judul : Pengaruh media alam terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VI SD Homeschooling Kak Seto
Pengarang : Ririn Sartikawati
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : KEMAMPUAN MENULIS PUISI
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00601 S011-00601 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54668
 Abstrak
ABSTRAK RIRIN SARTIKAWATI (0501055055) PENARUH MEDIA ALAM TERHADAP KEMAMPUAN PUISI SISWA KELAS VI SD HOMESCHOOLING KAK SETO. SKRIPSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. DESEMBER, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media alam terhadap kepampuan menulis puisi pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Homeschooling Kak Seto. Penelitian ini dilakukan di SD Homeschiiling Kak Seto pada tahun ajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan memberikan perlakuan pembelajaran yang menggunakan media alam dan kelas control yang menggunakan imajinasi. Instrument yang dipergunakan untuk mengukur kemampuan menulis puisi berbentuk Tes Kemampuan Menulis Puisi, yang meliputi penelitian terhadap kesesuaian isi dengan tema, organisasi dan diksi. Pemberian skor terhadap unsure-unsur itu berada dalam rentangan nilai yang berbeda pada tiap-tiap unsure, dengan mangacau kepada ceritera. Untuk menganalisis data dipergunakan uji-t pada taraf signifilansi α = 0,05 dan taraf signifikansi α = 0,01, populasi penelitian ini meliputi siswa sekolah dasar Homeschooling Kak Seto dengan sample sebanyak 60 orang yang diambil secara acak dari dua kelas. Hasil penlitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan, antar menulus puisi menggunakan media alam dengan menulis puisi menggunakan imajinasi (t-hitung = 4.035 dan t-tabel 2.042 dengan dk = 58 dan taraf signifikansi α = 0,05). Selain itu dilakukan juga uji signifikansi pada taraf α = 0,01 dan diperoleh t-tabel = 2.750. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh media ada pengaruh media alarm terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa sekolah dasar kelas VI. Berdasarkan hasil penelitian, tampak bahwa kemampuan menulis puisi dengan media alam lebih baik dari pada kemampuan menulis puisi tidak dengan media alam. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa perlu dilatih agar mengamati secara detail dan cermat objek penulisan puisi.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox