OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00595
Judul : Pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMAN 11 Tangerang
Pengarang : Untari Perdana Putri
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : PROBLEM SOLVING
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00595 S011-00595 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54655
 Abstrak
ABSTRAK Untari Perdana Putri NIM : 0701055133. Perngaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa X SMAN 11 Tangerang. Skripsi. Jakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa X SMAN 11 Tangerang semester ganjil tahun ajaran 2011-2012. Populasi peneliti siswa kelas X. Populasi target siswa X.8 dan X.7. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 30 siswa dari 15 siswa sebagai kelas eksperimen yang berasal dari kelas X.8 dan 15 siswa sebagai kelaskontrol yang berasal dari kelas X.7. metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Variabel terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas (X) adalah penggunaan Metode Problem Solving yang digunakan pada kelas eksperimen dan variabel terikat (Y) adalah kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa. Instrument penelitian berupa tes tertulis bentuk esai untuk menjaring data tentang kemampuan menulis paragraph argumentasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar = 68,6 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol sebesar = 45,7. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung = 10,12 sedangkan nilai ttabel = 2,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 28, dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh thitung = 10,12 dan ttabel = 2,05. Maka nilai thitung > ttabel (10,12 > 2,05). Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, yang menandakan dalam penelitian ini rata-rata hasil kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa yang menggunakan metode problem solving dalam proses belajar mengajar lebih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata hasil kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa yang tidak menggunakan metode problem solving. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa di kelas X SMAN 11 Tangerang.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox