OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T091-00124
Judul : Pelaksanaan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Penelitian Evaluatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Lazuardi Global Islamic School, Depok, Jawa Barat)
Pengarang : Gamar Al Haddar
Penerbit dan Distribusi : Pascasarjana
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T091-00124 T091-00124 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54642
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan Mengetahui landasan pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dilihat dari aspek (1) konteks (context) meliputi kebijakan, kebutuhan, tujuan, sasaran pelaksanaan, dan perkembangan Model PAKEM di SMA Lazuardi Global Islamic School Depok (2) masukan (input), meliputi: guru, siswa, sarana penunjang, serta kurikulum (3) proses (process), meliputi: proses pelaksanaan model PAKEM (4) produk (product), meliputi: perubahan prilaku siswa, kepuasan siswa dalam proses pembelajaran di kelas, skor ulangan tulis dan praktek hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Lazuardi GIS, Depok. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : (1) studi dokumen (2) wawancara terstruktur (3) observasi (4) angket untuk siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Lazuardi Global Islamic School, Depok berdasarkan Evaluasi Konteks, Input dan Proses telah memenuhi acuan standar yang ada dalam peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan pada pasal 19. Adapun pada Evaluasi Produk yakni pada bagian rubrik penilaian akhir untuk siswa yang digunakan oleh sekolah perlu adanya revisi terkait dengan skor persentase kognitif dan afektif. Seharusnya, aspek afektif memiliki persentase yang lebih tinggi karena penilaian akhir ini terkait dengan salah satu aspek kepuasan siswa terhadap hasil yang diperolehnya dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam. Selain itu tujuan utama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah membangun akhlak mulia pada diri siswa sebagaimana acuan standar yang ada dalam peraturan pemerintah nomor 19 pasal 26 ayat 2 tentang standar kompetensi lulusan yang tidak hanya menekankan pada aspek kecerdasan dan pengetahuan namun terbentuknya kepribadian dan akhlak mulia pada diri siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox