Abstrak
ABSTRAK
INDRIA TRIASTUTI. NIM: 0401055039. Hubungan Antara Kemampuan
Membaca Grafik dengan Kemampuan Mengarang Eksposisi Siswa Kelas X SMA
Negeri 56 Jakarta Barat. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof.
Dr. Hamka 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara
kemampuan membaca grafik dengan kemampuan mengarang eksposisi siswa
SMA kelas X.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif
yaitu gambaran hasil penelitian berupa data statistik. Metode ini digunakan untuk
meneliti hubungan antara kemampuan membaca grafik dengan mengarang
eksposisi dalam bentuk data statistik.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Jakarta Barat
yang berjumlah 210 orang. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa yang ditentukan
dengan menggunakan teknik rendom sampling (teknik acak).
Hasil analisis deskripsi mengemukakan, bahwa kemampuan membaca
grafik berpengaruh terhadap kemampuan mengarang eksposisi. Hasil
penghitungan dengan menggunakan rumus korelasi koefisien product moment
menunjukan bahwa diperoleh nilai r hitung sebesar 0,598. Dari tabel signifikan
0,05 diperoleh hasil sebesar 0,304. Berdasarkan hasil penghitungan tersebut
diketahui bahwa r hitung lebih besar daripada r tabel (0,598 > 0,304). Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan
antara kemampuan membaca grafik dengan kemampuan mengarang eksposisi
siswa kelas X SMA Negeri 56 Jakarta Barat.