OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00283
Judul : Manajemen kelas sekolah alam cikeas
Pengarang : Bustanil Arifin
Penerbit dan Distribusi : MAP
Subjek : MANAJEMEN KELAS
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00283 T092-00283 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54424
 Abstrak
ABSTRAK BUSTANIL ARIFIN, Manajemen Kelas Sekolah Alam Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Kelas Sekolah Alam Cikeas. Fokus penelitian ini adalah 1) perencanaan proses pembelajaran terpadu, 2) desain lingkungan fisik kelas, 3) gaya manajemen kelas, dan 4) pengawasan manajamenen kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian etnografi, proses mengumpulkan data diperoleh dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan analisis dokumen, dengan mengikuti lima langkah yang diperkenalkan oleh Spradley meliputi analisis domain, hubungan semantik, analisis taksonomi, analisis kontras dan analisis tema. Sekolah Alam Cikeas adalah sekolah yang berbeda pada umumnya, dalam manajemen kelasnya. Sekolah ini telah menerapkan empat fungsi manajemen untuk menciptakan manajemen kelas yang baik. Empat fungsi tersebut yakni; 1) planning (perencanaan), yakni perencanaan dalam pembelajaran terpadu, pembelajaran yang mengintegrasikan seluruh mata pelajaran dalam satu tema dan semua aktivitasnya tertuang dalam lesson plan (rencana pengajaran pembelajaran) selama satu tahun, yang memiliki uraian dari setiap semester, mingguan dan hariannya, 2) organizing (pengorganisasian), yakni menciptakan lingkungan kelas yang kondusif dalam penyiapan alat dan perlengkapan belajar siswa, pemberian label pada seisi ruang, pemberian sign system dan pemasangan display baik di dalam maupun di luar kelas, 3) leading (kepemimpinan) berupa gaya manajemen kelas yang bisa dilihat dari penerapan prosedur kegiatan rutinitas kelas, menciptkan aturan dan pemberian penguatan positif, reward (pemberian hadiah), dan penguatan negatif yakni memberikan konsekuensi, dan 4) controlling (pengawasan), yakni melakukan penilaian terhadap kinerja guru, khususnya dalam manajemen kelas. Hasil penelitian ini dapat dijadikan perbandingan bagi sekolah alam lainnya dan referensi bagi sekolah negeri maupun swasta lainnya dalam menciptakan manajemen kelas yang efektif.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox