OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T093-00020
Judul : Peningkatan Kemampuan Bertanya Melalui Metode Presentasi (Penelitian Tindakan di SMP Negeri 3 Pasar Kemis)
Pengarang : Noor Hasanah
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : Metode Presentasi
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T093-00020 T093-00020 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 54255
 Abstrak
ABSTRAK Noor Hasanah. Peningkatan Kemampuan Bertanya Melalui Metode Presentasi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pasar Kemis Tangerang. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2010. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya dengan menggunakan metode presentasi. Suatu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pasarkemis tahun pelajaran 2009/2010. Data penelitian ini diambil dari kelas VIII E pada semester dua, untuk pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Subjek penelitian ini berjumlah 35 siswa dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan instrument yang berbentuk tes bertanya yang berhubungan dengan materi pelajaran. Tes Ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan bertanya dengan menggunakan metode presentasi. Rumusan masalah yang ditetapkan yaitu : Bagaimana proses peningkatan kemampuan bertanya melalui metode presentasi? Apakah metode presentasi dapat meningkatkan kemampuan bertanya. Dari rumusan ? rumusan masalah tersebut diajukan hipotesis tindakan sebagai berikut : Jika guru menggunakan metode presentasi maka kemampuan bertanya siswa akan meningkat. Peningkatan kemampuan bertanya dilakukan melalui tindakan siklus. Hasil dari siklus pertama meningkat dari rata ? rata sebelum diadakan tindakan 58,51, setelah diadakan tindakan pada siklus 1 menjadi 71.31. Pencapaian skor tersebut, belum mencapai target seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, revisi terhadap rencana dan pelaksanaan pembelajaran atas tindakan dilakukan pada siklus kedua. Tindakan pada siklus kedua ini ternyata dapat meningkat kemampuan bertanya siswa. Hal ini terbukti pencapaian rata ? rata skor siswa meningkat dari 71,31 menjadi 75,43. Pencapaian tersebut belum mencapai target yang diharapkan yaitu 75 % dari jumlah siswa. Oleh karena itu dilakukan tindakan pada siklus ketiga. Rata ? rata skor yang dicapai 84,23. Hasil yang dicapai pada siklus ketiga telah mencapai target dengan skor rata ? rata 84,23. Persentase yang dicapai yaitu 94,28 % dari jumlah siswa. Pencapaian tersebut telah melebihi target yang diharapkan yaitu 75 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode presentasi dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa tersebut keterampilan berbicara bahasa Indonesia.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox