Abstrak
Penelitian ini pertama-tama bertujuan untuk mengetahui hubungan dari tingkat kesegaran jasmani maupun keterampilan proses belajar siswa SLTP N. 8 Muara Bulian di Penerokan terhadap hasil belajar penjaskes.
Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat hubungan yang signifikan dari tingkat kesegaran jasmani siswa terhadap hasil belajar penjaskes (2) terdapat hubungan yang signifikan dari keterampilan proses belajar siswa terhadap hasil belajar penjaskes.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Populasi target adalah seluruh siswa SLTP N. 8. Muara Bulian di Penerokan Kabupaten Batanghari. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan total sampling atau seluruh siswa (populasi) menjadi sumber data, data di olah menggunakan SPSS.
Instrumen penelitian yaitu berupa tes. Untuk menguji tingkat kesegaran jasmani siswa digunakan tes kesegaran jasmani, begitu juga tes keterampilan proses berpedoman pada buku penilaian tes kesegaran jasmani untuk SLTP, sedangkan untuk tes hasil belajar item-itemnya dibuat oleh peneliti. Analisis data yang digunakan adalah korelasi dan regresi.
Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut : Pertama terdapat hubungan yang signifikan dari tingakat kesegaran jasmani siswa (X1) dengan hasil belajar (Y) dengan persamaan regresi linear Ŷ = 10.862 + 0.0527 X1, dan koefisien determinasi (r2) sebesar 54,46, signifikan pada taraf 0.05, dengan indek korelasi sebesar 0.738. kedua terdapat hubungan yang signifikan dari keterampilan proses belajar siswa (X2) dengan hasil belajar (Y) dengan persamaan regresi linear Ŷ = -1.487 + 0.084 X2, dan koefisien determinasi (r2) sebesar 60.06, signifikan pada taraf 0.05 dengan indek korelasi sebesar 0.775.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi para siswa, guru, orang tua dalam rangka mencapai hasil belajar penjaskes yang lebih baik, dengan cara memperbaiki tingkat kesegaran jasmani siswa, maupun keterampilan dalam proses belajar