Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 28 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 28 Jakarta pada tahun pelajaran 2011/2012 dengan melibatkan 88 orang siswa kelas XII IPA sebagai sampel. Sampel penelitian berasal dari 4 kelas yang dipilih secara random dari 5 kelas XII IPA. Pelaksanaan eksperimen dari tanggal 16 Januari s.d. 10 Februari 2012 mengambil 8 kali pertemuan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika dan tes open-ended dengan koefisien reliabilitas masing-masing 0,9 dan 0,881. Data hasil eksperimen dianalisis dengan menggunakan teknik Anova 2 jalan.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran grup investigasi lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kreativitas matematika siswa terhadap hasil belajar matematika; (3) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran grup investigasi lebih tinggi daripada yang diajar denganpendekatan pembelajaran konvensional untuk siswa yang mempunyai kreativitas matematika tinggi; dan (4) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran grup investigasi tidak berbeda dengan siswa yang diajardengan pendekatan pembelajaran konvensional untuk siswa yang mempunyai kreativitas matematika rendah. Secara umum kesimpulan penelitian adalah pendekatan pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika bergantung pada kreativitas matematika siswa.