Abstrak
ABSTRAK
Yulia Widiastuti, Optimalisasi Fungsi Laboratorium IPA untuk Meningkatkan Mutu Mata Pelajaran Kimia ( Studi Kasus di SMA Martia Bhakti, Bekasi ). Tesis, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2011.
Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi riil laboratorium IPA di SMA Martia Bhakti, Bekasi dan untuk mengetahui bagaimana upaya sekolah SMA Martia Bhakti mengoptimalkan fungsi laboratorium IPA untuk meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran kimia.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur secara langsung kepada narasumber kepala sekolah dan 2 orang guru pengajar mata pelajaran kimia serta sebagai penanggung jawab laboratorium IPA di SMA Martia Bhakti, Bekasi. Untuk narasumber siswa SMA Martia Bhakti, menggunakan kuesioner pertanyaan dan observasi langsung tapi pasif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa, pemanfaatan laboratorium IPA di SMA Martia Bhakti, Bekasi dapat dipergunakan untuk kegiatan praktikum yang dilakukan untuk membantu para siswa memahami materi pelajaran kimia sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Meskipun untuk materi pelajaran dan tujuan pembelajaran di SMA Martia Bhakti, Bekasi telah ditetapkan dalam GBPP, namun kemungkinan cara mengajar dan keluasan materi yang diajarkan oleh masing- masing guru di SMA Martia Bhakti, Bekasi tersebut perlu diperhitungkan. Baik segi kondisi, kemampuan dan kreativitas guru. Pelaksanaan praktikum kimia di laboratorium IPA SMA Martia Bhakti, Bekasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor guru sebagai penyelenggara praktikum, faktor fasilitas laboratorium sebagai tempat praktikum, dan faktor waktu untuk pelaksanaan praktikum. Untuk tingkat kepuasan dan apresiasi siswa dalam meningkatkan mutu mata pelajaran kimia di SMA Martia Bhakti, Bekasi dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor dari dalam siswa berupa kemampuan yang dimilikinya, motivasi, minat, perhatian, sikap, kebiasaan belajar, dan ketekunan. Disamping factor dari dalam siswa ada faktor dari luar diri siswa atau lingkungan berupa kondisi sosial, ekonomi, kondisi fisik, fasilitas sarana belajar. Optimalisasi fungsi laboratorium IPA SMA Martia Bhakti, Bekasi, memperhatikan kepentingan siswa dengan berusaha selalu memenuhi harapan siswa sebagai pelanggan melalui pemberdayaan guru yang kompeten, pembenahan laboratorium IPA, penggunaan fasilitas yang tersedia di labotatorium IPA dengan memaksimalkan sarana yang minimal.
Peneliti menyarankan hendaknya ada pembenahan setiap saat dalam pelaksanaan praktikum kimia, sehingga setiap praktikum yang dilaksanakan benar- benar bermanfaat bagi siswa dalam menunjang pemahaman terhadap materi pelajaran. Perlu menambah kelengkapan alat dan bahan untuk mendukung kelancaran praktikum kimia. Hendaknya para guru dapat melaksanakan pembelajaran terpadu antara pemberian materi di kelas dan di laboratorium IPA. Agar seluruh stakeholder lembaga pendidikan SMA Martia Bhakti, Bekasi selalu memahami apa yang menjadi kebutuhan dan harapan siswa.