Abstrak
ABSTRAK
Eriyani, Pengaruh Pengaruh Supervisi pengawas sekolah dan kemampuan manajerial kepda sekolah , terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Bintan Kabupatm Bintan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.2011.
Tujuan penelitian untuk mengamati pengaruh Supervisi pengawas sekolah dan kemampuan manajerial kepala sekolah , terhadap kepuasan kerja guru . Penelitian dilakukan di lingkungan Diknas Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Bintan dengan metode survei, menggunakan angket melalui pendekatan analisis jalur. Populasinya adalah seluruh guru SMP Negeri Kabupaten Bintan dengan menggunakan teknik random sampling.
Dalam penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: 1) supervisi pengawas sekolah terhadap kepuasan kerja guru 2) kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, dan 3) supervisi pengawas sekolah terhadap kemampuan manajerial kepala sekolah .
Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pemyataan dan dan reliabilitas
instrumen dengan menggunakan rurnus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach.
Instrumen kepuasan kerja guru memiliki reliabilitas r;i=0,92222 supervisi pengawas
sekolah memiliki reliabilitas rjj=O,85487, dan kemampuan manajerial kepala sekolah
memiliki reliabilitas rj;= 0,85235.
Ramalan pengaruh supervisi pengawas sekolah dan kemampuan manajerial kepala
sekolah terhadap kepuasan kerja guru dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal
sederhana Hasiinya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung yang sangat
signifikan supervisi pengawas sekolah (Xj) terhadap kepuasan kerja guru (X3)
memperoleh persamaan regresi X3 =93,063 + 0,417 X" koefisien korelasi r13= 0,5466
dan koefisien pengaruh X, terhadap X3 P31= 0,4583 pada taraf signifikansi a = 0,05, (2)
terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah
(Xi] terhadap kepuasan kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3=
100,645+0,366 X2 koefisien korelasi r23 = 0,4051, dengan koefisien pengaruh X, terhadap
X3 P32=0,2266, pada taraf signifikansi a = 0,05 (3) terdapat pengaruh langsung yang
signifikan supervisi pengawas sekolah (XI) terhadap kemampuan manajerial kepala
sekolah (X2) memperoleh persamaan regresi X2= 93,776+0,329 X, koefisien korelasi ru = 0,3895 dengan koefisien pengaruh supervisi pengawas sekolah (XI) terhadap kemampuan manajerial kepala sekolah (X2) PzI = 0,3895 pada taraf signifikansi a = 0,05.
Pada akhimya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan khususnya untuk kepuasan kerja guru SMP Negeri Bintan Kabupaten Bintan.