OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : LP06-050001
Judul : Studi Dampak Kelulusan Nasional Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Pengarang : Hari, Setiadi
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : Dampak Kelulusan Nasional
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP06-050001 LP06-050001 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 53220
 Abstrak
Abstrak Tujuan studi ini adalah untuk melihat adanya dampak kebijakan yang dibuat oleh pemerintah di lapangan tentang diberlakukannya Standar Kelulusan Nasional di dalam pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) khususnya terhadap prestasi belajar siswa. Akan dilihat juga bagaimana dampaknya setelah Standar Kelulusan Nasional tersebut dinaikan dari 3,01 tahun 2002/2003 menjadi 4,01 pada tahun 2003/2004. Metodologi penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metodologi sensus dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ? siswa kelas III SLTP dan siswa ? siswa kelas III SMU seluruh Indonesia yang mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN). Jenis data dalam penelitian ini yang digunakan dalam sensus adalah data sekunder, yaitu Nilai Ebtanas Murni (NEM) dari seluruh propinsi di Indonesia yang datanya diolah oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Diknas, Depdiknas. Sedangkan dalam metodologi survey, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Sampel yang diambil dalam survey ini adalah semua responden yang berasal dari luar Jawa yang dipilih secara random. Responden tersebut terdiri dari pemda, Kepala Dinas Propinsi, Kepala Sekolah SLTP/MTS, Kepala Sekolah SMU, Komite Sekolah. Sampel penelitian survey tersebut diambil dari Propinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Aceh, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur. Adapun respondennya adalah Kantor Dinas Pendidikan di setiap Propinsi sample tersebut. Dari data yang terkumpul baik yang berasal dari Data Prmer maupun Data Sekunder terlihat bahwa dengan diberlakukannya kebijakan standar nasional kelulusan secara objektif dan konsekwen pada UAN, rata ? rata nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) pada semua mata pelajaran dan semua jenjang pendidikan kecendrunannya naik pada tahun 2004 dengan demikian mutu pendidikannyapun kecendrungannya meningkat. Hal ini disebabkan baik siswa, guru maupun orangtua khawatir kalau ? kalau anak/siswa ? siswanya tidak lulus UAN, sehingga semua pihak benar ? benar sungguh ? sungguh mempersiapkannya, terutama siswa ? siswanya menjadi lebih rajin belajar dan gurunyapun lebih serius mempersiapkan siswa ? siswanya menghadapi UAN. Jadi terlihat bahwa manfaat UAN selain dapat memantau mutu pendidikan di sekolah ? sekolah di Indonesia, juga dengan menerapkan standar kelulusan nasional dapat meningkatkan motivasi berprestasi bagi siswa ? siswa untuk lebih giat belajar dan meningkatkan motivasi guru ? gurunya untuk lebih termotivasi mengajar dengan baik. Karena itu disarankan kebijakan pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) tetap terus dilakukan dengan diterapkan pula penentuan Stndar Kelulusan Nasional yang dilaksanakan secara konsisten dan objektif di seluruh sekolah di indonesia.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox