OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00189
Judul : Implementasi kebijakan kurikulum tingkat satuan pendidikan [KTSP] di Sekolah Menegah Atas Negeri 25 Jakarta
Pengarang : Marjuki
Penerbit dan Distribusi : MAP
Subjek : KTSP
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00189 T092-00189 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 53171
 Abstrak
ABSTRAK Marjuki. Implementasi Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 25 Jakarta, Studi Tentang Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 25 Jakarta. Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka, 2011. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami implementasi kebijakan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada SMA Negeri 25 Jakarta. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case-study). Metode ini dipilih sesuai dengan fokus pertanyaan dan tujuan penelitian yang telah dipilih dan berkembang, baik sebelum dan sesudah penelitian. Untuk mendalami secara lebih mendalam permasalahan yang diajukan, dipilih beberapa informan yang terlibat langsung dalam obyek yang diteliti hingga menemukan substansinya. Informan yang dipilih sebanyak 11 orang, dengan tidak mengabaikan informan yang terkait. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMA Negeri 25 Jakarta sudah berjalan dengan baik, kepala sekolah membentuk tim pelaksana dengan proses : perencanaan, evaluasi, dan secara prinsip sudah berjalan dengan baik karena didorong oleh berbagai unsur ?unsur tenaga kependidikan disekolah (2) Dalam pelaksanaanya sudah memenuhi prinsip-prinsip KTSP akan tetapi masih terbentur dengan beberapa hal yaitu : pendanaan, kekompakan tim dan sumber daya manusia sekolah (3) Mutu keluaran pendidikan sudah memenuhi harapan sekolah dilihat dari segi kelulusan, kenaikan kelas dan prestasi-prestasi lain diluar sekolah (4) Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar masih dititik beratkan pencerdasan intelegensi sehingga tidak ada keseimbangan antara ranah : afektif, kognitif, psikomotorik (5) Faktor yang mempengaruhi implementasi KTSP disekolah adalah kepemimpinan kepala sekolah, kerjasama personil sekolah, kedisiplinan personil sekolah, sumber daya manusia disekolah dan forum-forum diskusi guru. Kepada semua pihak baik internal sekolah, pemerintah, masyarakat perlu membangun komitmen dan kerjasama yang baik sehingga mampu menerapkan aturan-aturan dari pemerintah salah satunya adalah penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox