OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00181
Judul : Evaluasi implementasi manajemen berbasis sekolah [MBS] dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Pamulang 3 kota Tangerang Selatan
Pengarang : Sa'diah
Penerbit dan Distribusi : MAP
Subjek : MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00181 T092-00181 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 53121
 Abstrak
ABSTRAK Sa?diah .?Evaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri Pamulang 3 Kota Tangerang Selatan?. Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran tentang perencanaan,implementasi, peran serta stakeholder, kinerja Manajemen Berbasis Sekolah Tujuan penelitian ini untuk Mengevaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Rangka peningkatan Mutu Pendidikan Manajemen Sekolah sebagai model pengelolaan yang memberikan otonomi kepada sekolah (kewenangan dan tanggung jawab yang lebih besar kepada sekolah), reformasi pendidikan, yang menginginkan adanya perubahan dari kondisi kurang baik menuju kondisi yang lebih baik. Manajemen berbasis sekolah sudah menjadi kebijakan pemerintah dalam meningkatkan mutu sesuai dengan Undang-undang Nomor 25 tahun 2000 Dengan adanya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sekolah harus lebih mandiri dalam mengelola manajemen sekolah. Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah bertujuan untuk; a. Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam megelola dan memberdayakan sumberdaya yang tersedia. b. Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama. c. Meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolah. d. Meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang akan dicapai. Evaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana mengimplementasikan Manajemen Sekolah ini untuk meningkatkan mutu sekolah. Evaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri Pamulang 3 Kota Tangerang Selatan dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah. hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sudah dilaksanakan di SD Negeri Pamulang 3 Kota Tangerang Selatan tapi masih dalam peningkatan mutu yang diharapkan. Perencanaan yang dilakukan di SD Negeri Pamulang 3 Kota Tangerang Selatan, merumuskan visi misi dan mengembangkan profil sekolah, menciptakan lingkungan strategis, merencanakan sarana prasarana seperti menambah ruang belajar, tempat berolah raga, tempat beribadah, tempat bekreasi, perpustakaan, laboratorium, mengembangkan RKJM-RKT yang lebih baik. Hasil Evaluasi menunjukan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri Pamulang 3 Kota Tangerang Selatan, telah berjalan dengan baik khususnya tercapainya kinerja sekolah menunjukkan keberhasilan setelah diberlakukannya program MBS dengan meningkatnya prestasi siswa baik prestasi akademik maupun kegiatan mengikuti lomba-lomba non akademik, dan Terdapat menurunnya kepercayaan masyarakat kepada sekolah, yang dapat dilihat dari Sarana dan Prasarana kurang memadai dalam peningkatan mutu pendidikan. Masih perlu ditingkatkan keterlibatan komite dalam pengambilan keputusan, rencana kerja tahunan yang dikembangkan dan ketersediaan laporan khusus proses pembelajaran dan membuat program RKT/RKS/M. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Kurang soasialisasi kepada guru, masyarakat/komite sekolah. Pemerintah untuk merencanakan peningkatan mutu berkelanjutan, sekolah melakukan perbaikan berkelanjutan meliputi delapan Standar Pendidikan. Kinerja Manajemen Berbasis Sekolah guru bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya yang lebih besar kepada sekolah yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola sekolah yang baik yaitu partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas. Peningkatan kinerja sekolah yang dimaksud meliputi peningkatan kualitas, efektivitas, efesiensi, produktivitas, kinerja sekolah menyusun kurikulum KTSP. Membuat program tahunan program semester menganalisis kalender dan bertanggung jawab mendidik anak-anak Penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS); dalam fungsinya sebagai pelaksana pendidikan yang otonom, sekolah berperan dalam menyusun RAPBS.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox