OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S013-00045
Judul : Evektivitas pembelajaran Sushi Meishi dengan media lagu (studi kuasi eksperimen terhadap siswa kelas X SMA Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2011/2012)
Pengarang : Octavia Treestiyanti
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : PEMBELAJARAN SUSHI MEISHI
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S013-00045 S013-00045 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 52517
 Abstrak
ABSTRAK Octavia Treestiyanti. NIM: 0601075038 : Efektivitas Pembelajaran Sūshi Meishi dengan Media Lagu (Studi Kuasi Eksperimen terhadap siswa kelas X SMA Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sūshi meishi dengan media lagu (Studi Kuasi Eksperimen terhadap siswa kelas X SMA Negeri 13 Semarang). Adapun lagu yang digunakan adalah lagu yang liriknya diganti dengan Sūshi Meishi bahasa Jepang yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes dalam penelitian ini menggunakan 2 jenis tes, yaitu pretest dan posttest. Sampel berjumlah 30 orang yang berasal dari siswa kelas X-4 SMA Negeri 13 Semarang 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media lagu, nilai ratarata siswa mengalami peningkatan sebanyak 29,67. Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media lagu (mean = 48, 46) dan sesudah menggunakan media lagu, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi (mean = 78,33). Berdasarkan hasil uji t, pada taraf signifikansi 0,95, diketahui bahwa t hitung = 13,67. Hipotesis statistik menunjukkan bahwa Hi diterima jika th > tt. Hasil uji t tersebut menunjukkan bahwa media lagu efektif terhadap pembelajaran sūshi meishi pada siswa kelas X SMA Negeri 13 Semarang. Selain itu, berdasarkan data yang diperoleh dari angket, siswa memberikan tanggapan yang positif mengenai penggunaan media lagu terhadap pembelajaran sūshi meishi di kelas yang menyenangkan dan dapat menghilangkan rasa jenuh dalam belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lagu sangat efektif terhadap pembelajaran sūshi meishi pada siswa kelas X SMA Negeri 13 Semarang Tahun Ajaran 2011/ 2012.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox