Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi produser dalam menyiarkan program pemberdayaan wanita Tupperware She Can! di Radio Delta 99.1 FM. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendorong produser dalam menyiarkan program perberdayaan wanita Tupperware She Can! di Radio Delta 99.1 FM. Berhubungan dengan tujuan penelitian, maka teori yang digunakan adalah teori kesehatan - motivator, dan teori insentif. Unit analisis penelitian ini adalah motivasi produser. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus, di mana peneliti menguraikan dan menjelaskan secara kompeherensif mengenai berbagai aspek individu. Informan dalam penelitian ini adalah produser dan operator produksi program Tupperware She Can! di Radio Delta FM Jakarta.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa motivasi produser dalam menyiarkan program Tupperware She Can! terbagi menjadi dua perangkat. Perangkat motivator yang meliputi, perolehan rating setinggi mungkin, mendapatkan prestasi, promosi jabatan. Sedangankan perangkat kesehatan meliputi, kenaikan gaji dan bonus yang dapat mensejahterakan dirinya, serta ingin menjadi bagian dalam upaya pencerahan, pendidikan, dan pemberdayaan wanita Indonesia, yang sebagaimana tercantum pada visi dan misi program Tupperware She Can!. Perolehan insentif adalah faktor yang mendorong produser dalam menyiarkan program pemberdayaan wanita Tupperware She Can! di Radio Delta 99.1 FM. Penelitian ini hanya membahas teori kesehatan-motivator Herzberg dan teori insentif produser dalam menyiarkan program Tupperware She Can!. Kedepannya diharapkan ada yang mengkaji tentang isi dari program pemberdayaan wanita di media televisi, cetak maupun sebagainya.