OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T091-00104
Judul : Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri Wilayah Kecamatan Makasar Jakarta Timur
Pengarang : C. Icuk Yunadi
Penerbit dan Distribusi : Pascasarjana
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T091-00104 T091-00104 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 52225
 Abstrak
Tesis ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi profesional guru dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri di wilayah Kecamatan Makasar Jakarta Timur. Hipotesis penelitian adalah sebagai berikut : 1) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. 2) terdapat pengaruh langsung kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. 3) terdapat pengaruh langsung kompetensi professional guru terhadap kemandirian belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri di wilayah Kecamatan Makasar Jakarta Timur sebanyak 892 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 134 siswa yang diambil dengan teknik multistage random sampling. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data kompetensi profesional guru dan kemandirian belajar siswa adalah kuesioner dengan model Skala Likert. Sedangkan instrumen hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dengan tes bentuk pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen kompetensi profesional guru dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan program iteman microcat, sedangkan instrumen hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan Korelasi Point Biserial dan KR - 20. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif meliputi perhitungan rerata , median, modus, simpangan baku, rentangan, pembuatan distribusi frekuensi dari setiap variabel. Sedangkan statistic inferensial meliputi analisis uji signifikansi koefisien korelasi dan analisis jalur. Sebelum dianalisis dengan statistika inferensial terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis yang meliputi pengujian normalitas, dan uji linearitas dan uji signifikansi regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dengan persamaan regresi X3 = -9.86+0.29x1, koefisien jalur sebesar 0.75 dan koefisien t hitung sebesar 80.67. 2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dengan persamaan regresi X3=-9.58+0.28x2, koefisien jalur sebesar 0.25 dan koefisien t hitung sebesar 56.58. 3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kompetensi profesional guru terhadap kemandirian belajar siswa dengan persamaan regresi X2=2.64+0.98x1, koefisien jalur sebesar 0.98 dan koefisien t hitung sebesar 56.58. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi profesional guru dan kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi semua pihak yang berkepentingan dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox