OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T091-00099
Judul : Hubungan antara Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Parung Kabupaten Bogor
Pengarang : Madro?i
Penerbit dan Distribusi : Pascasarjana
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T091-00099 T091-00099 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 52155
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara (1) perhatian orang tua dan hasil belajar matematika, (2) disiplin belajar dan hasil belajar matematika, dan (3) perhatian orang tua dan disiplin belajar dengan hasil belajar matematika Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di Kecamatan Parung Bogor yang berjumlah 675 siswa. Sampel berjumlah 68 orang siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling) Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel perhatian orang tua, disiplin belajar dengan angket model skala Likert. Keterandalannya (Reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan variabel hasil belajar matematika dengan Tes belajar. Hasil uji coba untuk variabel perhatian orang tua adalah sebesar r11 = 0,9811; hasil uji coba untuk variabel disiplin belajar adalah sebasar r11 = 0,9535; dan hasil uji coba untuk variabel hasil belajar matematika adalah sebesar r11 = 0,9600. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, ganda dan parsial, serta regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan hasil belajar matematika, dengan persamaan regresi Ŷ= 3,77 + 0,20X1 dan koefesien korelasi ry1 = 0,799; pada taraf signifikansi α = 0,05. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika, dengan persamaan regresi Ŷ= 2,75 + 0,23X2 dan koefesien korelasi ry2 = 0,714; pada taraf signifikansi α = 0,05. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan disiplin belajar dengan hasil belajar matematika, dengan persamaan regresi Ŷ= 0,814 + 0,154X1 + 0,080X2 dan koefesien korelasi Ry.12 = 0,816; pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa hasil belajar matematika (Y) dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan perhatian orang tua (X1) dan disiplin belajar (X2)
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox