OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S014-00416
Judul : Pengaruh Penggunaan Media Cetakan (Hand out) Sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA Budi Mulia Ciledug Tangerang.
Pengarang : AHDIAN RUSTIAWAN.
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S014-00416 S014-00416 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51677
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) membantu guru menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. (2) mengetahui peran media pembelajaran dalam proses belajar biologi. (3) membantu siswa meningkatkan hasil belajar dalam pengajaran biologi. (4) mengetahui pengaruh penggunaan media cetakan (hand-out) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Budi Mulia Ciledug Tangerang. Sejalan dengan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Budi Mulia kelas X tahun ajaran 2011/2012. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling yaitu penarikan secara acak dan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-4 dan X-5. Instrument yang digunakan adalah media cetakan (hand-out) pada materi virus dan soal terdiri dari 25 soal pilihan ganda.Uji validitas yang dipakai adalah validitas isi, yaitu instrument yang dibuat dengan enyesuaikan materi dan kompetensi dasar (kd). Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji (t). persyaratan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji Normalitas dengan Uji Chi-Kuadrat (χ2). Nilai χ2 hit pada kelas eksperimen sebesar (5,4) sedangkan pada kelas kontrol sebesar (10,65) keduanya lebih kecil dari χ2 tabel = 11,3. Maka keduanya normal. Selanjutnya uji homogenitas dengan menggunakan Uji Fiher (F), didapat F hit =(1,21) kemudian di konsultasikan dengan F table (0,05) (29/29) = (1,86). Ternyata F hit < F table (0,05) maka kedua variansi homogen.Hasil penelitian, dapat dilihat berdasarkan perbedaan nilai rata-rata dari kelas eksperimen = 70 dan kelas control =57,46. Hasil perhitungan, didapat t hit = 5,18 sedangkan t table sebesar 2,02 dengan dk = 58. Dengan demikian t hit > t tab. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media cetakan (hand-out) sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Budi Mulia Ciledug Tangerang
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox