OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00477
Judul : Perbedaan kemampuan meulis berita yang menggunakan metode diskusi dengan metode Jigsaw pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawitah Manaratul ISLAM Jakarta Selatan
Pengarang : Eka Widyaningsih
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : KEMAMPUAN MENULIS - METODE JIGSAW
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00477 S011-00477 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51467
 Abstrak
ABSTRAK EKA WIDYANINGSIH. NIM 0601055026. ?Perbedaan Kemampuan Menulis Berita yang Menggunakan Metode Diskusi dengan Metode Jigsaw pada Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Manaratul Islam Jakarta Selatan?. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Oktober 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan antara menulis berita yang menggunakan metode diskusi dengan metode jigsaw pada siswa kelas VII-B dan VII-C Madrasah Tsanawiyah Manaratul Islam Jakarta Selatan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat perbedaan antara menulis berita yang menggunakan metode diskusi dengan yang menggunakan metode jigsaw pada siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Manaratul Islam Jakarta Selatan pada bulan Oktober, semester 1, tahun ajaran 2010/2011. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Manaratul Islam Jakarta Selatan yang terdiri atas 159 siswa yaitu kelas VII-A, VIIB, VII-C dan VII-D. Pengambilan sampel diambil dua kelas dengan menggunakan teknik random sampling, maka terpilih kelas VII-B dan kelas VII-C dengan jumlah 80 siswa. Dari 80 siswa diambil lagi sampel dengan teknik random sampling dengan mengggunakan lintingan kertas, lalu diundi. Terpilihlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas VII-B dan 30 siswa VII-C. Jadi, jumlah sampel 60 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen kemampuan menulis berita yang menggunakan metode diskusi (variable X) sedangkan instrumen kemampuan menulis berita yang menggunakan metode jigsaw (variable Y). Dari hasil pengujian dan perhitungan dengan menggunakan tes, nilai t- hitung = 4,14 dan t-tabel = 2,00 pada taraf signifikansi 0,05, maka nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,14 > 2,00) ternyata H1 diterima, yang berarti ada perbedaan antara menulis berita yang menggunakan metode diskusi dengan metode jigsaw pada siswa kelas VII-B dan VII-C Madrasah Tsanawiyah Manaratul Islam Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi untuk meningkatkan pengajaran menulis berita bagi siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox