OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00555
Judul : Pengaruh Penggunaan Media Adobe Flash terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 5 Pondok Aren Tangerang.
Pengarang : Meiureentawanti Sulistyanto
Penerbit dan Distribusi :
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00555 S017-00555 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51448
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh media adobe flash terhadap hasil belajar matematika siswa. Sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan media adobe flash. Media adobe flash adalah media yang digunakan pada saat pembelajaran matematika. Hipotesis yang diajukan: ?Terdapat pengaruh penggunaan media adobe flash terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP. Negeri 5 Tangerang Selatan, kelas VIII (delapan) pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Sampel yang diteliti sebanyak 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pengunaan media adobe flash sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus korelasi point biserial didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R.20 didapat rhitung = 0,929 > 0,355 = rtabel, maka instrumen yang digunakan reliabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh data thitung = 4,766 > 1,994 = t0,95(78) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media adobe flash terhadap hasil belajar matematika siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox