OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00554
Judul : Hubungan antara Kendali Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 150 Jakarta.
Pengarang : Trian Harviyani Martyaningrum
Penerbit dan Distribusi :
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00554 S017-00554 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51446
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kendali diri dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?terdapat hubungan antara kendali diri dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 150 Jakarta pada semester I tahun pelajaran 2010/2011.. Sampel yang digunakan sebanyak 38 siswa yaitu 12,9% dari populasi yang diambil secara acak sederhana, sedangkan metode yang digunakan metode survei dengan teknik korelasi. Instrumen kendali diri (variabel X) menggunakan angket kendali diri, sedangkan untuk instrumen hasil belajar matematika siswa (variabel Y) menggunakan tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen kendali diri dan hasil belajar matematika diujicobakan kepada 36 peserta didik dalam populasi selain responden, dan dari hasil uji coba diperoleh 30 pernyataan angket yang valid dari 40 pernyataan dan 30 soal yang valid dari 40 soal. Untuk pengujian reliabilitas angket kendali diri yang diujikan diperoleh rhitung = 0,860 > 0,329 = rtabel, sedangkan untuk pengujian reliabilitas tes hasil belajar matematika yang diujikan, diperoleh rhitung = 0,891 > 0,329 = rtabel, sehingga instrumen penelitian ini reliabel dan layak digunakan. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu normalitas dengan uji lilliefors, uji linieritas, dan uji keberartian regresi menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh Lhitung= 0,070 < 0,144=Ltabel dan data variabel Y diperoleh Lhitung= 0,135 < 0,144 =Ltabel, maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Y 5,403 0,169X  . Untuk uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung=0,907 < 2,280 = Ftabel, sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi didapat Fhitung=6,639 > 4,110=Ftabel, maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi menggunakan t-student. Dari rhitung=0,395 didapat thitung =2,577 > 2,034= ttabel yang berarti tolak Ho. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kendali diri dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,156 artinya kontribusi kendali diri terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 15,6 %.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox