OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00553
Judul : Hubungan Antara Konsep Diri Siswa Tentang Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMP Negeri 127 Jakarta.
Pengarang : Lisa Rodianti
Penerbit dan Distribusi :
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00553 S017-00553 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51443
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara Konsep Diri Siswa Tentang Matematika dengan hasil belajar matematika peserta didik. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara Konsep Diri Siswa Tentang Matematika dengan hasil belajar matematika peserta didik?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 127 Jakarta, kelas VII semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random Sampling). Dengan mengambil 38 siswa dari 197 siswa yang berasal dari seluruh siswa kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik kolerasi. Variabel bebas (X) adalah Konsep Diri Siswa Tentang Matematika dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika peserta didik. Uji validitas instrumen menggunakan rumus kolerasi product moment, didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid. Sedangkan uji reliabilitas instrumen dengan rumus alpha diperoleh rhitung= 0,91>0,32 = r(0,05,38), maka dapat disimpulkan bahwa instrumen reliabel. Uji validitas tes hasil belajar matematika menggunakan rumus point biserial, didapat 30 soal valid dan 10 soal tidak valid. Uji reliabilitas tes hasil belajar matematika dengan rumus K-R 20 diperoleh rhitung = 0,851 > 0,32 = r(0,05,39), maka dapat disimpulkan bahwa tes hasil belajar matematika reliabel. Data dianalisis menggunakan uji persyaratan yaitu normalitas dan uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi menggunakan analisis varians (ANAVA). Pengujian normalitas untuk variabel X didapat Lhitung = 0,086 < 0,1437 = L(0,05,38), dan untuk variabel Y didapat Lhitung = 0,1061 < 0,1437 = L(0,05,38), maka dapat disimpulkan sampel berdistribusi normal. Perhitungan regresi linear diperoleh y = -7,144 + 0,2976X. Hasil perhitungan uji linieritas diperoleh Fhitung = 0,934 < 2,09 = F(0,95)(23,13), sehingga model regresi adalah linier artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 95,96 > 4,11 = F(0,95)(1,36), berarti model regresi signifikan. Koefisien kolerasi variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis kolerasi product moment diperoleh rxy = 0,853. Selanjutnya menghitung keberartian kolerasi dengan menggunakan uji t-student dari rxy = 0,853 didapat thitung = 9,80 > 2,0281 = t(0,95)(36), dengan taraf signifikansi a = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak, maka terdapat hubungan antara konsep diri siswa tentang matematika dengan hasil belajar matematika peserta didik. Koefisien determinasi r2 = 0,7272 hal ini berarti konsep diri siswa tentang matematika memberikan kontribusi 72,72% terhadap hasil belajar matematika peserta didik.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox