OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00545
Judul : Hubungan Daya Ingat dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA Negeri 1 Serang Baru Bekasi.
Pengarang : Trisna Roy Pradipta
Penerbit dan Distribusi :
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00545 S017-00545 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51428
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara daya ingat dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara daya ingat dengan hasil belajar matematika siswa?, Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Serang Baru Bekasi pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil secara acak sederhana dengan mengambil 30 siswa. Instrumen daya ingat siswa (variabel X) menggunakan tes daya ingat, sedangkan untuk instrumen hasil belajar matematika siswa (variabel Y) menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrument diujicobakan kepada 30 siswa dan dari hasil uji coba instrument variabel X diperoleh 32 item yang valid dari 40 item, sedangkan instrumen variabel Y diperoleh 27 soal yang valid dari 40 soal. Untuk pengujian reliabilitas instrument variabel X diperoleh r11 = 0,880 > 0,361 = r(0.05,30), sedangkan instrumen variabel Y diperoleh r11 = 0,873 > 0,361 = r(0.05,30), sehingga tes ini reliabel dan layak digunakan. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persayaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors, uji linieritas, dan uji signifikansi regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh Lhitung=0,075<0,161=Ltabel dan data variabel Y diperoleh Lhitung=0,089<0,161=Ltabel, maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Y? 32,275 0,4088X . Untuk uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung=1,279<2,530=Ftabel sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua varabel. Uji signifikansi regresi didapat Fhitung=12,112>4,200=Ftabel, maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi menggunakan t-student. Dari rhitung=0,550 didapat thitung=3,483>2,050=ttabel yang berarti H1 diterima. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara daya ingat dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien eterminasi diperoleh sebesar 0,302 artinya daya ingat memberikan kontribusi sebesar 30,2 % terhadap hasil belajar matematika siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox