OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00534
Judul : Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa padaPokok Bahasan Kubus dan Balok di MTSN 27 Jakarta
Pengarang : Sahrul Lutfi
Penerbit dan Distribusi :
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00534 S017-00534 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51403
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antra disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis penelitian ini adalah = Terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan . Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII di MTs N. 27 Jakarta, sampel diambil secara acak sederhana ( simple random sampling ) dengan mengambil 40 siswa dari 200 siswa yang berasal dari kelas X1 Metode penelitian yang digunakan adalah metode survcy dengan tehnik korelasi. Instrumen penelitian menggunakan angket kemampuan mengelola stres belajar berjumlah 27 item dengan 5 alternatif jawaban dan tes hasil belajar matematika berjumlah 21 item dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 altenatif jawaban . Data dianalisis menggunakan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji liliefors, uji linieritas dan linier regresition test with varians analysis (ANAVA) Pengujian Normalitas untuk variabel bebas didapat L hitung = 0,093 < 0,140 = L tabel dan untuk variabel terikat didapat L hitung = 0,110 < 0,140 = L tabel maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal . Hasil perhitungan regristrasi linier diperoleh uji lincaritas diperoleh F hitung = 1,26 < 2,15 = F (0,55)(17,21) sehingga model regristasi adalah linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel . uji kebeartian regresi diperoleh F hiting = 11,19 > 4,10 = F(0,95)(1,38) berati model regresi signifikan. Koefisen korelasi variabel X dan Y yang dihitng dengan analisis korelasi product moment diperoleh Fxy = 0,468 Selanjutnya menghitung kebeartian korelasi dengan menggunakan uji t-studentdari Fxy = 0,468 didapat L hitung = 3,264>2,024= dengan taraf signifikansi = 5% . Hal ini berati H ditolak maka terdapat hubungn yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi = 0,2274, hal ini berarti disiplin belajar memberikan konstribusi sebesar 22,74% terhadap hasil belajar matematika.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox