OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00529
Judul : Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Metode Permainan dengan Metode Ekspositori di SD Negeri Gintung I Sukadiri Tangerang.
Pengarang : Rizka Halili
Penerbit dan Distribusi :
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00529 S017-00529 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51323
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode permainan dengan metode ekspositori. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode permainan dengan metode ekspositori?. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gintung I Sukadiri Tangerang kelas IV SD semester genap tahun pelajaran 2010-2011. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas yang diajar menggunakan metode permainan dan 30 siswa kelas yang diajar menggunakan metode ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode permainan dan metode ekspositori sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Korelasi Point Biserial didapat 25 soal yang valid dan 15 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20 didapat rhitung = 0,842 > 0,361 = rtabel, maka instrumen reliabel. Sebelum data dianalisis diperlukan uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunaan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas yang diajar menggunakan metode permainan didapat Lhitung = 0,115 < 0,161 = L0,05(30), sedangkan kelas yang diajar menggunakan metode ekspositori diperoleh nilai Lhitung = 0,109 < 0,161 = L0,05(30), maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,078 < 1,858 = Ftabel, hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji?t didapat thitung=2,593 >2,002= ttabel, dengan taraf signifikansi a = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode permainan dengan metode ekspositori. Diharapkan guru matematika dapat membuat dan mengembangkan pembelajaran dengan melibatkan permainan matematika sebagai metode pembelajaran.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox