OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00528
Judul : Pengaruh Pemberian Hadiah dan Hukuman terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di MTS Assa?adah Ulujami Jakarta Selatan
Pengarang : Lia Kurniati
Penerbit dan Distribusi :
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00528 S017-00528 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51311
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian hadiah dan hukuman terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan: ?Terdapat pengaruh pemberian hadiah dan hukuman terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Assa?adah Ulujami Jakarta Selatan, Kelas VII pada semester genap tahun pelajaran 2010 / 2011. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pemberian hadiah dan hukuman sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Korelasi Biserial didapat 26 soal yang valid dan 14 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 didapat rhitung = 0,852 > 0,320 = rtabel, maka instrumen yang digunakan reliabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan enggunakan uji Fisher. Uji normalitas data untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,106 < 0,161 = L0,05(30), sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,086 < 0,161=L0,05(30), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil Perhitungan homogenitas data diperoleh Fhitung=1,117<1,861 = F0,05 ( 29,29 ), hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh data thitung = 2,221> 2,002 = t0,95(58) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian hadiah dan hukuman terhadap hasil belajar matematika siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox