OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T093-00006
Judul : Pengaruh teknik pembelajaran dan minat menulis terhadap kemampuan menulis cerpen siswa SMP
Pengarang : Sri Yuni Artati
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : TEKNIK PEMBELAJARAN - MINAT MENULIS
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T093-00006 T093-00006 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51244
 Abstrak
ABSTRAK Sri Yuni Artati. NIM. 0908056020. Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Minat Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMP (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IX SMP Islam Al-Azhar 19 Cibubur). Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara teknik pembeljaran dan minat menulis terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Azhar 19 Cibubur, Jakarta. Semester pertama Tahun Pelajaran 2011 ? 2012. Pendekatan eksperimen ini dilakukan dengan rancangan faktorial 2 x 2. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 61 siswa dilakukan dengan teknik random purpose. Masing-masing sampel dikelompokkan menjadi dua kelompok. 31 siswa sebagai kelompok eksperimen mendapat pembelajaran dengan teknik menulis berpasangan dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol mendapat pembelajaran dengan teknik menulis individual. Masing-masing kelompok diberi angket untuk mengetahui minat siswa dalam menulis. Angket di diperlukan untuk menggolongkan siswa yang mempunyai minat menulis tinggi dan minat menulis rendah.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat menulis dan tes menulis cerpen. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis varian dua jalur (ANAVA). Penelitian ini menghasilkan 4 temuan, yaitu (1) kemampuan menulis cerpen siswa yang diberikan dengan teknik menulis berpasangan lebih tinggi daripada siswa yang diberikan dengan teknik menulis individual. Dibuktikan dengan hasil rerata tes akhir menulis dengan teknik berpasangan (m= 77,00) sedangkan rerata tes akhir menulis individual (m= 70,100). (2) kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki minat menulis tinggi yang diberikan teknik menulis berpasangan lebih tinggi daripada siswa yang diberikan dengan teknik individual. Hal ini dibuktikan dengan hasil hasil rerata menulis berpasangan bagi siswa yang punya minat tinggi (m= 84,00) sedangkan rerata siswa yang menulis individual dengan minat tinggi (m= 70,28). (3) terdapat interaksi antara penerapan teknik pembelajaran dan minat menulis terdapat kemampuan menulis cerpen. Berdasarkan hasil ANAVA, diperoleh minat menulis cerpen siswa nilai Fh = 5.809 > ft= 4,02 dengan peluang kesalahan (p) = 0,019; p < 0,05 terhadap kemampuan menulis cerpen. Dan (4) kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki minat menulis rendah dalam pembelajaran menulis cerpen yang diberikan dengan teknik berpasangan tidak berbeda dengan kemampuan menulis cerpen siswa yang diberikan dengan teknik individual. Hal ini dibuktikan dengan hasil hasil rerata menulis berpasangan bagi siswa yang punya minat rendah (m= 71,00) sedangkan rerata siswa yang menulis individual dengan minat rendah (m= 71,18). Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran menulis berpasangan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa SMP Islam Al-Azhar 19 Cibubur, Jakarta. Kata kunci : Teknik pembelajaran, minat, menulis cerpen
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox