OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00457
Judul : Analisis Makna Denotasi dan Makna Konotasi Pada Judul Berita Harian Rakyat Merdeka Serta Apliakasinya Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di SMU
Pengarang : Fadly
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00457 S011-00457 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51227
 Abstrak
ABSTRAK FADLY (963121020 / 96313211250019) ANALISIS MAKNA DENOTASI DAN MAKNA KONOTASI PADA JUDUL BERITA HARIAN RAKYAT MERDEKA SERTA APLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi dan makna konotasi pada judul berita harian Rakyat Merdeka yang meliputi makna denotasi, makna konotasi positif, makna konotasi negatif dan berkonotasi netral. Diusahakan pula bagaimana cara menyampaikan kepada siswa dan pengajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap penggunaan makna denotasi dan makna konotasi yang terhadap dalam kartu penelitian dapat diketahui bahwa ad 127 kata yang bermakna denotasi, 45 kata yang bernilai rasa konotasi positif, 119 kata yang bernilai rasa konotasi negative, 9 kata yang tidak memiliki nilai rasa atau berkonotasi netral dari 300 judul berita yang diteliti. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapatlah ditarik kesimpulan bahwa makna denotasi dengan jumlah 127 kata adalah makna yang paling dominant digunakan dalam penulisan judul berita dibandingkan dengan maknakonotasi negatife 119 kata. Makna yang tidak bernialai rasa atau berkonotasi netral adalah yang paling sedikit digunakan dengan jumlah 9 kata. Mengenai penerapanya dalam penggunaan bahasa Indonesia di SMU, Penulis mencoba untuk mengenalkan sekal;igus meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan makna denotasi dan makna konotasi kepada siswa dengan menggunakan pendekatan dan teknik yang sesuai dengan pokok bahasan, daya intelektual siswa, serta situasi dan kondisi yang mendukung.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox