OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00456
Judul : Analisis Nilai Sosial dan Moral Novel Detik Terakhir Karya Alberthine Endah Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA
Pengarang : Estriya Nur Pramesti
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00456 S011-00456 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 51226
 Abstrak
ABSTRAK ESTRIYA NUR PRAMESTI (0301055035) Analisis Nilai Sosial Dan Moral Novel Detik Terakhir Karya Alberthine Endah Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Di SMA.Skripsi, Jakarta, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Nialai Sosial dan Moral Novel Detik Terakhir Karya Alberthiene Endah Serta Amplikasinya Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif , objek penelitian yang digunakan Novel Detik Terakhir Karya Alberthiene Endah dan Fokusnya Nilai Sosial dan moral dalam Novel Detik Terakhir Karaya Alberthiene Endah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaan yang jelas mengenai sosial dan moral yang terdapat dalam Novel Detik Terakhir Karya Alberthiene Endah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan nialai sosial dalam Novel Detik Terkhir merupakan nilai yang berhubungan dengan norma dalam kehidupan bermasyarakat seperti hubungan social 15 pernyataan , hubungan antara orang tus dan anak 15 pernyataan, hubungan suami dengan istri 7 pernyataan, dan status sosial 12 pernyataan . Nilai moral dalam Novel Detik Terakhir berkaitan dengan etika terhadap diri sendiri 12 pernyataan, etika sosial 5 pernyataan, akhlak 16 pernyataan, keagamaan 16 pernyataan, dan susila 10 pernyataan. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan Novel Detik Terakhir Karya Alberthiene Endah dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra di SMA serta dapat dijadikan sebagai alternatife lain, dan juga guru dapat mengembangkan ide dan kreativitasnya dalam proses pembelajaran, tentunya dengan bimbingan guru. Hal ini sesuai dengan kurikulum tingkat satu Pendidikan (KTSP) 2006.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox