Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh (1) Konsep diri dengan hasil belajar belajar ekonomi; (2) kreativitas dengan hasil belajar belajar ekonomi; (3) Konsep diri dengan kreativitas. Penelitian ini menggunakan tiga variabel, yaitu (1) hasil belajar ekonomi (X3); (2) Konsep diri (X1); dan Kreativitas peserta didik (X2). Sampel dipilih dari Enam Madrasah aliah secara proportional random sampling.
Metode yang digunakan adalah metode survey dengan analisis jalur. Tes hasil belajar digunakan untuk menjaring data hasil belajar ekonomi. Angket digunakan untuk menjaring data konsep diri dan kreativitas.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data, terlebih dahulu dilakukan ujicoba guna mengetahui kelayakannya. Variabel yang digunakan untuk tes hasil belajar ekonomi, instrumen kreativitas dan instrumen konsep diri. Koefisien reliabilitas instrument hasil belajar ekonomi menggunakan iteman, instrumen kreativitas dan instrumen konsep diri menggunakan program SPSS 13.0
Hasil pengujian Hipotesis Makin berkualitas Konsep Diri, makin kuat Hasil Belajar Ekonomi. Dengan demikian apabila kualitas Konsep Diri Madrasah Aliah Negeri di Jakarta Barat ditingkatkan, maka Hasil Belajar Ekonomi peserta didik semakin kuat, hal ini dapat diketahui dengan , X3 = -32,554 + 0,790 X1, yang artinya dengan konstanta -32,554 setiap perubahan satu skor konsep diri akan mempengaruhi 0,790 atau 79,0% skor hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X Madrasah Aliah Negeri di Jakarta Barat . Nilai R2 = 0,678 menunjukkan bahwa konsep diri mempengaruhi 0,678 atau 67,8% hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X Madrasah Aliah Negeri di Jakarta Barat, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Makin berkualitas Kreativitas, makin kuat Hasil Belajar Ekonomi. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas Kreativitas akan semakin memperkuat Hasil Belajar Ekonomi peserta didik, hal ini dapat diketahui dengan hasil Berdasarkan nilai B pada tabel koefisien regresi sederhana antara X2 dan X3, maka persamaan regresi sederhana antara X2 dan X3 adalah: X3 = a + bX2 = -50,256 + 0,728X2. Pada tabel Anova, nilai F = 430,086 dengan P-value = 0,000. Karena p-value = 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa koefisien regresi antara X2 dan X3 signifikan. Pada tabel model summary, R2 = 0,678 menunjukkan bahwa 0,679 atau 67,9% hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X Madrasah Aliah Negeri dipengaruhi oleh kreativitas, dan sisanya oleh pengaruh faktor lain
Berdasarkan nilai B pada tabel koefisien regresi sederhana antara X1 dan X2, maka persamaan regresi sederhana antara X1 dan X2 adalah: X2 = a + bX1= -4,482 + 0,810X1. Pada tabel Anova, nilai F = 696,556 dengan p-value = 0,000. Karena p-value = 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa koefisien regresi antara X1 dan X2 signifikan. Pada tabel model summary, R2 = 0,773 menunjukkan bahwa 0,774 atau 77,4% Kreativitas peserta didik kelas X Madrasah Aliah Negeri dipengaruhi oleh konsep diri, dan sisanya oleh pengaruh faktor lain. Hasil pengujian kecocokan model diagram teoritis dan model diagram empiris menunjukkan bahwa W = 0 < X2 = 43,77 maka H0 diterima yang berarti model yang diperoleh adalah cocok (model fit).