Abstrak
ABSTRAK
Misyani. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri Gugus Ketela di Kecamatan Candipuro Lampung Selatan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Agustus 2011.
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh langsung etos kerja guru terhadap kinerja guru, dan pengaruh langsung supervisi kepala sekolah terhadap etos kerja guru.
Penelitian ini dilaksanakan pada semua guru SD Negeri Gugus Ketela Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan dengan jumlah populasinya 67 guru dan sampel yang digunakan berjumlah 40 guru yang dipilih secara proportional random sampling dengan rumus Slovin.
Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung yang positif supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung yang positif etos kerja guru terhadap kinerja guru, dan (3) terdapat pengaruh langsung yang positif manajerial kepala sekolah terhadap etos kerja guru. Hasil penelitian ini pada hipotesis: (1) diperoleh koefisien korelasi (r13) = 0,8481 dan koefisien determinasi (r213) = 0,7193 dengan nilai koefisien jalur (Þ31) = 0,5141 > 0,05 yang berarti dapat disimpulkan, bahwa supervisi kepala sekolah berpengaruh langsung yang positif sebesar 71,93% terhadap kinerja guru, (2) diperoleh koefisien korelasi (r23) = 0,8337 dan koefisien determinasi (r223) = 0,6950 dengan nilai koefisien jalur (Þ32) = 0,4623 > 0,05 yang berarti dapat disimpulkan, bahwa etos kerja guru berpengaruh langsung yang positif sebesar 69,50% terhadap kinerja guru, dan (3) diperoleh koefisien korelasi (r21) = 0,7223 dan koefisien determinasi (r221) = 0,5217 dengan nilai koefisien jalur (Þ21) = 0,7223 > 0,05 yang berarti dapat disimpulkan, bahwa supervisi kepala sekolah berpengaruh langsung yang positif sebesar 52,17% terhadap etos kerja guru.
Hasil penelitian ini bermanfaat bagi guru pada peningkatan kinerja secara optimal di antaranya melalui pelaksanaan supervisi kepala sekolah yang lebih intensif dan mengembangkan etos kerja yang lebih efektif dan efisien.