Abstrak
ABSTRAK
Endang Sri Budi Herawati. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap prestasi kerja guru Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011.
Tujuan penelitian ini untuk mengamati dan mengetahui pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap prestasi kerja guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT).
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Cimanggis Kota Depok, dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuesioner. Populasi target guru Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Cimanggis, sedangkan populasi terjangkau adalah guru Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Cimanggis yang memiliki masa kerja minimal dua tahun dengan menggunakan teknik proporsional random sampling, jumlah populasi 158 dan jumlah sampel 61 orang.
Penelitian ini terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh positif antara: 1) Kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru 2) Kompetensi guru terhadap prestasi kerja guru 3) Kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi guru.
Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen kepemimpinan kepala sekolah memiliki reliabilitas rtt = 0,97, kompetensi guru memiliki reliabilitas rtt=0,96, dan prestasi kerja guru memiliki reliabilitas rtt = 0,92.
Ramalan pengaruh dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana tunggal. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap prestasi kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi χ3 = 22,7 + 0,7950X1 , koefisien korelasi r31= 0,6123 dan koefisien determinasi R231= 37,49 dengan angka koefisien jalur P31 = 0,43 pada taraf signifikansi α = 0,05. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru (X2) terhadap prestasi kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi χ2 = 54,5977 + 0,6427X2 , koefisien korelasi r32 = 0,5550 dan koefisien determinasi R232 = 30,80 dengan angka koesien jalur P32 = 0,31 pada taraf signifikansi α = 0,05 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kompetensi guru (X2) memperoleh persamaan regresi χ1 = 53,2301 + 0,6480X , koefisien korelasi r12 = 0,5780 dan koefisien determinasi R212= 33,41 dengan angka koefisien jalur P21 = 0,58 pada taraf signifikansi α = 0,05.
Berdasarkan hasil penemuan tersebut, disimpulkan bahwa prestasi kerja guru meningkat apabila kepemimpinan kepala sekolah optimal dan kompetensi guru tinggi.
Upaya mengoptimalkan kepemimpinan kepala sekolah dapat dilakukan melalui; kepemimpinan yang mengakomodir perubahan dan manajemen atau pengelolaan sekolah yang baik, sedangkan upaya peningkatan kompetensi guru dilakukan melalui pembinaan dan pelatihan guru.
Akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan untuk peningkatan prestasi kerja guru Sekolah Dasar Islam Terpadu yang berada di bawah naungan JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) di wilayah Depok, khususnya prestasi kerja guru Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kecamatan Cimanggis, Depok.